PENENTUAN STRATEGI BISNIS DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN ROTI DENGAN METODE SWOT DAN QSPM (STUDI KASUS DIPO BAKERY)

Hidayat, Rickhi and Nugroho, Andung Jati (2023) PENENTUAN STRATEGI BISNIS DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN ROTI DENGAN METODE SWOT DAN QSPM (STUDI KASUS DIPO BAKERY). ["eprint_fieldopt_thesis_type_tugasakhir" not defined] thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
5190611199 Rickhi Hidayat -ABSTRAK.pdf

Download (108kB)

Abstract

PENENTUAN STRATEGI BISNIS DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN ROTI DENGAN METODE SWOT DAN QSPM (STUDI KASUS DIPO BAKERY) ABSTRAK Dipo Bakery adalah sebuah pabrik yang memperoduksi makanan berupa roti (Bakery). Melihat permasalahan utama pada Dipo Bakery ini yaitu mengalami fluktasi dan perusahaan kesulitan dalam mengembangkan usahanya untuk meningkatkan penjualan pada strategi pemasaranya. Sehingga memerlukan perancangan atau penentuan strategi bisnis yang tepat untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut, dan dapat mengembangkan usaha kedepanya. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk perancangan strategi bisnis yang tepat pada Dipo Bakery agar menjadi pertimbangan perusahaan untuk meningkatkan penjualanitu. Untuk itu dilakukan analisis dengan menerapkan metode SWOT dan QSPM. Metode SWOT digunakan untuk menentukan strategi, Sedangkan metode QSPM digunakan untuk menentukan alternative strategi bisnis yang akan digunakan perusahaan. Setelah dilakukan penelitian didapatkan hasil dari matriks IFAS dengan skor total strength = 1,53 dan weakness = 1,21 maka didapatkan selisih sebesar 0,32. Sedangkan hasil dari matriks EFAS dengan skor total opportunities = 1,62 dan threats = 0,9 maka didapatkan selisih sebesar 0,72. Dari matriks IFAS dan EFAS didapatkanlah hasil strategi SO : harga terjangkau, memaksimalkan pelayanan yang baik dan variasi produk dan pelatihan terhadap karyawan. WO : meningkatkan pemasaran via media online, menaikan harga, menambah inovasi produk, serta menggunakan teknologi sebagai media iklan. ST : menaikan kualitas pelayanan, menambahkan pengembangan produk, dan menjaga kesetiaan pelanggan. WT : memaksimalkan promosi, dan mengoptimalkan biaya beban kerja dan lain lain. Hasil dari motode QSPM alternative strategi yang didapatkan menunjukan nilai tertinggi pada strategi WO dengan skor TAS : 6,39 yaitu meningkatkan pemasaran via media online, menaikan harga prduk dengan menambah inovasi, dan menggunakan teknologi dengan membuat digital marketing target pasar untuk beriklan. Keywords: SWOT, Quantitative Strategic Planing Matrix. DETERMINING BUSINESS STRATEGIES FOR INCREASING BREAD SALES USING SWOT AND QSPM METHODS (DIPO BAKERY CASE STUDY) ABSTRACT Dipo Bakery is a factory that manufactures bread (Bakery). The critical issue at Dipo Bakery is that it is suffering volatility, and the company is having problems increasing its business to generate sales through its marketing plan. As a result, establishing or determining the correct company plan is necessary to overcome these challenges and build the business in the future. This research aims to create the best business strategy for Dipo Bakery for the company to contemplate increasing sales. As a result, the SWOT and QSPM methodologies were used to conduct an analysis. The SWOT method is used to determine the strategy, while the QSPM method is used to determine the alternative business strategies that the company will use. After the research was carried out, the results of the IFAS matrix were obtained with a total score of strength = 1.53 and weakness = 1.21, so a difference of 0.32 was obtained. While the results of the EFAS matrix with a total score of opportunities = 1.62 and threats = 0.9, a difference of 0.72 is obtained. From the IFAS and EFAS matrices, the results of the SO strategy are obtained: affordable prices, maximizing good service and product variations, and employee training. WO: Increase online marketing, raise prices, improve product innovation, and employ technology as an advertising platform. ST: Enhance service quality, develop new products, and sustain client loyalty. WT: Maximize promotion and reduce workload expenditures, among other things. The QSPM alternative strategy technique's findings demonstrate the highest value in the WO strategy with a TAS score of 6.39, meaning expanding marketing through online media, increasing product prices through innovation, and leveraging technology to create digital marketing target markets to advertise. Keywords: SWOT, Quantitative Strategic Planning Matrix

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_tugasakhir" not defined])
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Industri UTY
Date Deposited: 08 Dec 2023 03:29
Last Modified: 08 Dec 2023 03:29
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/14432

Actions (login required)

View Item View Item