PERANCANGAN PUSAT PEMBINAAN KETERAMPILA DAN KREATIFITAS ANAK JALANAN DI KOTA BANDUNG DENGAN PENDEKATAN HEALING ENVIRONMENT

Taligar, Candra Alifian and Natalia, Dita Ayu Rani (2023) PERANCANGAN PUSAT PEMBINAAN KETERAMPILA DAN KREATIFITAS ANAK JALANAN DI KOTA BANDUNG DENGAN PENDEKATAN HEALING ENVIRONMENT. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK-5180911305-CANDRA ALIFIAN TALIGAR .pdf

Download (77kB)

Abstract

Jumlah anak jalanan di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Banyak faktor yang menyebabkan anak terjerumus dalam kehidupan jalanan, diantaranya kesulitan keuangan keluarga atau tekanan kemiskinan, ketidakharmonisan dalam keluarga, dan masalah lainnya menyangkut hubungan anak dan orang tua. Pembinaan keteramplian dan kreativitas anak jalanan adalah suatu proses pemberian kemampuan dalam upaya agar anak jalanan memiliki kegiatan peningkatan kualitas diri. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka metode yang digunakan pada perancangan ini berpacu kepada data yang dikumpulkan baik itu primer maupun sekunder. Data – data tersebutlah yang kemudian diolah untuk memantapkan rumusan permasalahan dan membuahkan konsep dari perancangan ini. Konsep yang diterapkan adalah konsep healing environment yang diawali dari kehidupan anak jalanan yang cukup keras sering terjadi eksploitasi dan pelecehan berpotensi mengganggu mental anak jalanan, kemudian diintegrasikan terhadap konsep pembinaan yang menggiring perubahan kesehatan psikologis dan keterampilan.Keseluruhan fungsi Pusat Pembinaan Keterampilan dan Kreativitas Anak Jalanan merupakankan fasilitas serta kegiatan yang mampu mewadahi aktivitas anak jalanan yang terdiri dari fasilitas pembinaa seperti ruang membengkel, ruang tata boga, ruang menjahit, ruang menyablon, dan ruang pembinaan lainnya. Hasil akhir dari perancangan ini adalah mewadahi pembinaan dan mengembangan potensi anak jalanan untuk diresosialisasi berperan ke masyarakat. The number of street children in Indonesia is increasing each year. Many factors cause children to end up in street life, including financial difficulties or poverty, disharmony in the family, and other problems concerning the relationship between children and parents. A skill and creativity training for street children is a process of fostering creativity to help street children with activities that improve their personal development. Various efforts can be made to help them overcome their problems and fulfill their life needs, such as guiding them to prepare for their future to become more productive and providing services to meet their needs. The concept used is a healing environment inspired by the harsh life of street children, which is full of exploitation, having the potential to affect their mentality. Then, all these conditions are integrated with the concept of training that encourages the improvement of mental health and skills of street children. The skill and creativity training center for street children functions as a place to facilitate the street children’s activities, providing training in several skills such as a workshop, cooking, sewing, screen printing, and more. In addition, the training center also provides facilities for a health center, rehabilitation, counseling, sports, and dormitories. The training center aims to give counseling to street children to develop their potential. The end result of this design is to accommodate the guidance and development of street children's potential to be resocialized to play a role in the society.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Anak Jalanan, pembinaan, keterampilan, kretivitas, psikologi, healing environment. street children, training, skill, creativity, psychology, healing environment
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:32
Last Modified: 11 Dec 2023 04:32
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/14494

Actions (login required)

View Item View Item