Satria, Fajar and Waluyo, Anita Fira (2024) Aplikasi Pengenalan Senjata Tradisional Yogyakarta Berbasis Augmented reality. LPPM AMIK, https://journal.stmiki.ac.id/index.php/jimik/article/view/588/477.
Text
588-Article Text-2631-2-10-20240127.pdf Download (495kB) |
|
Text
8. Similarity, Fajar S-Anita, Aplikasi Pengenalan Senjata.pdf Download (2MB) |
|
Text
Peer Review-Aplikasi Pengenalan Senjata Tradisional.pdf Download (272kB) |
Abstract
Yogyakarta sebagai kota budaya memiliki berbagai jenis budaya termasuk senjata tradisional, namun saat ini sulit ditemukan. Penelitian menyatakan teknologi Augmented reality dapat mengedukasi masyarakat mengenai budaya suatu daerah, seperti pengenalan senjata tradisional Yogyakarta melalui aplikasi yang menampilkan objek 3D dari senjata tradisional Yogyakarta. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented reality pada pengenalan senjata tradisional Yogyakarta sehingga menjadi suatu materi yang menarik untuk dipelajari. Aplikasi ini dapat menampilkan objek 3D dari senjata tradisional Yogyakarta, Sehingga masyarakat dapat memvisualisasikan senjata tradisional yang saat ini cukup sulit ditemukan. Objek 3D yang dibuat berdasarkan data dari buku yang diterbitkan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Target marker dibuat berupa qr code yang ditengahnya terdapat foto senjata, ketika marker terdeteksi maka akan muncul objek 3D diatasnya. Hasil pengujian yang didapatkan, semua fitur berhasil berjalan dengan baik. Kata Kunci: Senjata tradisional; Augmented reality; budaya; android; media pembelajaran.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Sains Dan Teknologi > S1 Informatika |
Depositing User: | Mrs. Anita Fira |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 14:45 |
Last Modified: | 09 Mar 2024 05:30 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/14874 |
Actions (login required)
View Item |