Pengembangan Sistem Aplikasi Barbershop Berbasis Android untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pelayanan di Barbershop

Refwahajan, Fiqih and Waluyo, Anita Fira (2024) Pengembangan Sistem Aplikasi Barbershop Berbasis Android untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pelayanan di Barbershop. LPPM AMIK, https://journal.stmiki.ac.id/index.php/jimik/article/view/495/398.

[img] Text
495-Article Text-2483-1-10-20240111.pdf

Download (639kB)
[img] Text
Similarity, Fiqih R-Anita, Pengembangan Sistem Aplikasi Barbershop.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Peer Review-Pengembangan Sistem Aplikasi Barbershop.pdf

Download (271kB)
Official URL: https://journal.stmiki.ac.id/index.php/jimik/issue...

Abstract

Barbershop merupakan sebuah inovasi atau perkembangan dari tempat potong rambut pria menjadi tempat men’s grooming khusus rambut. Barbershop tidak hanya menyediakan jasa potong rambut saja, tetapi banyak layanan lain yang dihadirkan seperti shaving, coloring, dll. Pada saat ini, pengajuan pemesanan layanan masih dilakukan melalui platform WhatsApp maupun telepon atau datang langsung ke Barbershop dan mengantri sehingga pelanggan merasa kurang puas karena terkadang perlu untuk menunggu lama. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibuatlah aplikasi layanan Barbershop yang dapat digunakan pelanggan untuk memesan layanan dan kemudian pengelola Barbershop dapat mengelola layanan ini hanya melalui aplikasi. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman Flutter dan PHP, didukung oleh kerangka kerja Laravel, dan mengandalkan sistem pengelolaan basis data MySQL untuk mempermudah pengelolaan database. Beberapa fitur yang disediakan oleh aplikasi meliputi booking jasa layanan, memilih barberman, dan memilih waktu layanan. Dengan demikian, aplikasi ini dapat membantu pelayanan yang ada di Barbershop menjadi lebih efektif dan efisien. Kata Kunci: Barbershop; Android; Flutter; Laravel; MySQL.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Sains Dan Teknologi > S1 Informatika
Depositing User: Mrs. Anita Fira
Date Deposited: 22 Feb 2024 14:44
Last Modified: 09 Mar 2024 05:31
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/14876

Actions (login required)

View Item View Item