Rancang Bangun Aplikasi Rental Sepeda Motor Berbasis Mobile dengan Metode Waterfall untuk Efesiensi dan Kualitas Optimal

Retrianto, Muhammad Rizqi and Waluyo, Anita Fira (2024) Rancang Bangun Aplikasi Rental Sepeda Motor Berbasis Mobile dengan Metode Waterfall untuk Efesiensi dan Kualitas Optimal. LPPM AMIK, https://journal.stmiki.ac.id/index.php/jimik/article/view/516/409.

[img] Text
516-Article Text-2500-1-10-20240112.pdf

Download (560kB)
[img] Text
Similarity, Muh Rizqi-Anita, Rancang Bangun Aplikasi Rental Sepeda Motor.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Peer Review-Rancang Bangun Aplikasi Rental.pdf

Download (272kB)
Official URL: https://journal.stmiki.ac.id/index.php/jimik/artic...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi rental sepeda motor berbasis mobile dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, Kotlin, dan REST API dengan permasalahan yang diidentifikasi dalam penelitian ini adalah proses pemesanan dan pengelolaan data sepeda motor rental yang masih manual dan kurang efisien, serta mengetahui pemilihan motor dan waktu sewa harus langsung datang ke tempat. Dampak dari masalah ini adalah peningkatan biaya operasional dan kurangnya kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pengembangan sistem, dengan fokus pada analisis, perancangan, implementasi, dan pengujian aplikasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi rental sepeda motor yang dapat digunakan oleh pengguna untuk melakukan pemesanan sepeda motor secara online dan melakukan pembayaran sepeda motor yang disewa. Back-end aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, Kotlin untuk pengembangan aplikasi mobile, dan menggunakan REST API sebagai jembatan antara back-end dan front-end. Kesimpulannya, aplikasi rental sepeda motor berbasis mobile yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat membantu sebagai solusi untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam proses pemesanan dan pengelolaan data rental sepeda motor. Kata Kunci: Aplikasi; Sepeda Motor; Pemesanan; Pengelolaan; REST API; Rental.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Sains Dan Teknologi > S1 Informatika
Depositing User: Mrs. Anita Fira
Date Deposited: 22 Feb 2024 14:37
Last Modified: 09 Mar 2024 05:33
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/14883

Actions (login required)

View Item View Item