Penerapan Algoritma Rabin-Karp Dengan Pendekatan Synonym Recognition Untuk Mendeteksi Plagiarisme Pada Dokumen Tugas Mahasiswa

Handayani, Irma and Waluyo, Anita Fira (2023) Penerapan Algoritma Rabin-Karp Dengan Pendekatan Synonym Recognition Untuk Mendeteksi Plagiarisme Pada Dokumen Tugas Mahasiswa. Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/af146f783f7c6398af25fa966e642309e0e09f328664018358ef4ecdb7760423?type=copyright&keyword=Penerapan+Algoritma+Rabin-Karp+Dengan++Pendekatan+Synonym+Recognition+Untuk++Mendeteksi+Plagiarisme+Pada+Dokumen+Tugas++Mahasi.

[img] Text
12 EC002023137300, Penerapan Algoritma Rabin-Karp.pdf

Download (226kB)
[img] Text
HKI_Laporan Program.pdf

Download (813kB)
[img] Text
sertifikat_EC002023137300, Irma-Anita, Penerapan Algoritma Rabin-Karp.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan dunia teknologi saat ini sudah semakin pesat, segalanya selalu dimudahkan berkat bantuan teknologi yang semakin canggih, termasuk dalam dunia Pendidikan. Dalam mencari referensi untuk bahan belajar maupun mengerjakan tugas mahasiswa bisa dengan mudah mencari referensi dari internet. Akan tetapi kecanggihan teknologi saat ini juga tidak luput dari penyalahgunaan teknologi, yang sebelumnya digunakan untuk mencari referensi dengan lebih mudah namun kini digunakan sebagai alat untuk duplikasi atau plagiarisme. Hal yang dapat mempermudah mahasiswa melakukan plagiarism yakni adanya fasilitas pada komputer yang dapat menyalin dan mengubah teks antar dokumen. Proses plagiarism tidak hanya pada tugas essay saja tetapi juga pada kode program. Hal ini menjadi salah satu tantangan dalam bidang akademik untuk mencegah maraknya aktivitas plagiarism. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini akan melakukan deteksi plagiasi terhadap tugas mahasiswa menggunakan metode Rabin_Karp dengan pendekatan Synonym Recognition, sehingga pemeriksaan plagiarism pada dokumen antar mahasiswa bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. Algoritma Rabin-Karp memiliki keunggulan pencarian string dengan pola yang Panjang. Algoritma Rabin-Karp pada sistem ini memiliki langkah-langkah text preprocessing yang terdiri dari case folding, tokenizing, punctuation removal, stopword removal dan stemming. Sedangkan Synonym Recognition atau pengenalan sinonim adalah pendeteksian plagiarisme melalui pendekatan sinonim. Dalam hal ini dokumen satu dibandingkan dengan dokumen lain dengan mendeteksi kata-kata yang mengandung sinonim sehingga tingkat kesamaan dapat dikatakan lebih akurat. Hasil dari metode ini adalah nilai kemiripan dari tugas-tugas mahasiswa yang dihitung menggunakan dice coefficient similarity. Pada sistem deteksi ini akan mengaplikasikan text mining untuk tahap preprocessing dan algoritma Rabin Karp untuk string matching. Metode penelitian yang digunakan adalah menyiapkan data dari dokumen tugas mahasiswa, melakukan pelatihan dan pengujian pada data. Target penelitian adalah hasil prosentase yang diperoleh dalam menentukan dokumen tersebut, apakah merupakan plagiat atau bukan.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Sains Dan Teknologi > S1 Informatika
Depositing User: Mrs. Anita Fira
Date Deposited: 23 Feb 2024 06:37
Last Modified: 23 Feb 2024 06:37
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/14961

Actions (login required)

View Item View Item