Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Mahasiswa Melakukan Tindakan Plagiasi

Nur Ariefin Addinpujoartanto; Briyan Efflin Syahputra; Anggit Esti Irawati (2023) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Mahasiswa Melakukan Tindakan Plagiasi. EC002023135669.

[img] Text
sertifikat_EC002023135669-plagiasi fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hingga saat ini, praktik plagiasi di kalangan mahasiswa masih menjadi salah satu kebiasaan buruk yang kerap terjadi. Kondisi ini hampir terjadi berbagai negara, termasuk di Indonesia. Mengacu fenomena ini, tentunya penelitian yang masih berfokus untuk menganalisis dan menemukan berbagai faktor, yang kemudian dapat mendorong niat mahasiswa melakukan tindakan plagiasi, masih menjadi salah satu hal yang diperlukan. Harapannya hasil dari penelitian ini, nantinya akan menjadi input penting bagi lembaga pendidikan tinggi dan lembaga terkait lainnya, untuk mempertimbangkan hasil penelitian tersebut, dalam rangka untuk menyusun kebijakan anti plagiasi yang paling tepat di lingkungan perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh dari unfair competition dan perkembangan teknologi terhadap intensi mahasiswa untuk melakukan tindakan plagiasi. Sebanyak 257 responden (mahasiswa Prodi Akuntansi) dari 16 Perguruan Tinggi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, telah mengisi kuesioner dari penelitian ini. Adapun hasil dari penelitian ini, secara statistik telah dianalisis menggunakan structural equation modelling (SEM), dengan bantuan aplikasi smartPLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa baik perkembangan teknologi maupun unfair competition, masing-masing telah terbukti berpengaruh positif terhadap intensi mahasiswa untuk melakukan tindakan plagiasi.

Item Type: Patent
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mr. Nur Ariefin Addinopujoartanto UTY
Date Deposited: 28 Feb 2024 10:47
Last Modified: 28 Feb 2024 10:47
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/14964

Actions (login required)

View Item View Item