PENERAPAN ARSITEKTUR HUMANISME DALAM PERANCANGAN PROTOTIPE SOCIAL – EDUCATIVE SPACE UNTUK DESA TERTINGGAL DI JAWA BARAT (PILOT PROJECT DI DESA GUNUNG JAMPANG)

Imandika Rinaldy Pasha ; Cinthyaningtyas Meytasari, ST., MT. (2022) PENERAPAN ARSITEKTUR HUMANISME DALAM PERANCANGAN PROTOTIPE SOCIAL – EDUCATIVE SPACE UNTUK DESA TERTINGGAL DI JAWA BARAT (PILOT PROJECT DI DESA GUNUNG JAMPANG). EC00202250278,.

[img] Text
peer review_sertif_POSTER HKI_Social Educative Space_compressed (1).pdf

Download (10MB)

Abstract

Arsitektur humanisme merupakan suatu gagasan yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia yang berpedoman pada teori Abraham Maslow. Melalui arsitektur humanisme suatu bangunan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pengguna, dari sisi psikologis, safety, belonging, esteem dan actualization sekaligus sebagai fasilitas yang dapat menunjang segala kegiatan dan aktifitas pengguna. Social - Educative Space adalah sebuah ruang, atau tempat di mana orang-orang dapat berkumpul dan berinteraksi serta saling bertukar pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai hal, dengan tujuan akhir adalah dapat meningkatkan taraf hidup mereka melalui peningkatan intelektual dan ilmu pengetahuan serta interaksi sosial antar masyarakat. Prototipe Social- Educative Space diharapkan mampu diterapkan di seluruh desa tertinggal di Jawa Barat dengan pilot project di desa Gunung Jampang. Desa Gunung Jampang merupakan salah satu dari 121 desa tertinggal yang ada di Provinsi Jawa Barat dan merupakan desa tertinggal terendah ke 3 berdasarkan IPM di Kabupaten Garut, IPM sendiri berkaitan dengan 3 hal yang pertama ialah hidup sehat, ilmu pengetahuan dan taraf hidup layak. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif, dilaksanakan dengan mengumpulkan kemudian melakukan analisa data untuk memperoleh konsep perencanaan dan perancangan., yang kemudian digunakan sebagai solusi perancangan dalam desain. .

Item Type: Patent
Uncontrolled Keywords: Arsitektur Humanisme, Desa Gunung Jampang, Desa Tertinggal, Prototipe Social-Educative Space
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 07 Mar 2024 02:36
Last Modified: 07 Mar 2024 02:36
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/15000

Actions (login required)

View Item View Item