Turnitin - Redesain User Interface Aplikasi BCA Mobile Banking Menggunakan Metode Desain Thinking

Joko, Sutopo Turnitin - Redesain User Interface Aplikasi BCA Mobile Banking Menggunakan Metode Desain Thinking. LPPM AMIK.

[img] Text
15. Joko Sutopo_Redesain User Interface Aplikasi BCA Mobile Banking Menggunakan Metode Design Thinking.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bank Central Asia (BCA) merupakan lembaga keuangan swasta konvensional terkemuka di Indonesia, dengan jumlah rekening nasabah mencapai 34,68 juta individu pada tahun 2022. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 21,68% dibandingkan tahun sebelumnya, yang tercatat sebanyak 28,5 juta nasabah. Dalam mengelola operasional bisnisnya, BCA merespon perkembangan teknologi dengan menghadirkan aplikasi BCA Mobile Banking. Meskipun aplikasi ini bertujuan mempermudah proses transaksi dan memenuhi kebutuhan nasabahnya, terdapat sejumlah kekurangan yang memengaruhi tingkat kepuasan pengguna, khususnya terkait dengan tampilan Antarmuka Pengguna (UI) dan Pengalaman Pengguna (UX) yang dinilai kurang dinamis dan modern. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan ulang tampilan aplikasi BCA Mobile Banking, dengan fokus pada peningkatan aspek modernitas dan kenyamanan pengguna, terutama bagi nasabah dari generasi Z. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menerapkan metode Design Thinking dan Lean UX, dengan orientasi pada audiens utama berupa generasi Z yang cenderung lebih menghargai desain yang sederhana dan minimalis. Kata Kunci: Antarmuka Pengguna; Mobile Banking; Desain.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains Dan Teknologi > Data Science
Depositing User: ST., MT. Joko Sutopo
Date Deposited: 08 Mar 2024 04:07
Last Modified: 08 Mar 2024 04:07
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/15049

Actions (login required)

View Item View Item