STRATEGI NEW PRODUCT DEVELOPMENT PUPUK SILIKA CAIR BERBAHAN SEKAM PADI DENGAN PENDEKATAN CRITICAL SUCCESS FACTORS DI PT PERTANI (PERSERO)

Alex, Alfandianto and Yohanes, Anton Nugroho (2018) STRATEGI NEW PRODUCT DEVELOPMENT PUPUK SILIKA CAIR BERBAHAN SEKAM PADI DENGAN PENDEKATAN CRITICAL SUCCESS FACTORS DI PT PERTANI (PERSERO). Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Eprint Alex Alfandianto.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

PT Pertani (Persero) merupakan Perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang memproduksi benih padi bersubsidi di wilayah UPB (Unit Produksi Benih) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Proses produksi benih padi di PT Pertani (Persero) dilakukan secara batch dengan kapasitas 10 ton/hari benih padi. Permasalahan yang dihadapi Perusahaan saat ini adalah minimnya teknik pengelolaan limbah sekam padi di Perusahaan, hanya 26% limbah sekam padi dikelola dengan baik, sedangkan kapasitas limbah sekam padi di Perusahaan paling mendominasi yaitu 35%, atau mencapai 1,8 ton/bulan.Studi kasus yang diteliti, bagaimana limbah sekam padi bisa diminimalisir dengan metode New Produk Develepment atau pengembangan produk baru. NPD adalah sebuah kegiatan strategis yang disetarakan dengan kebutuhan konsumen, membantu memperkuat posisi Perusahaan di pasar yang sudah ada dan untuk berpindah ke pasar produk baru. Dalam hal ini bisa meningkatkan kualitas, memperbaharui bentuk, atau mempercantik kemasan produk. Setelah proses pengembanagan produk baru, langkah selanjutnya adalah menentukan kesuskesan produk di pasar dengan menggunakan metode Critical Success Factor (CSF) merupakan beberapa area kunci dimana sesuatu hal harus dengan benar dilakukan agar bisnis dapat berkembang dan goal tercapai. Hasil ekstraksi silika cair yang dibutuhkan adalah sebanyak 6.000 ml membutuhkan 18.000 gram abu atau sama dengan 18 kg abu (60 kg sekam padi). Sehingga dapat meminimalkan limbah sekam padi di Perusahaan sebanyak 3% atau limbah berkurang menjadi 1,74 ton dari total limbah 1,8 ton. Selanjutnya adalah mengukur tingkat kesuksesan produk dengan menjelaskan bahwa tingkat preferensi dan kebutuhan konsumen terhadap pupuk silika cair dengan pendekatan critical success factors, bahwa sebanyak 54% konsumen memilih netral, 32% konsumen memilih setuju dan sebanyak 14% konsumen memilih sangat setuju terhadap pupuk silika cair tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri
Depositing User: T. Industri UTY
Date Deposited: 16 Jul 2018 08:53
Last Modified: 16 Jul 2018 08:53
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/1510

Actions (login required)

View Item View Item