Peer Review Jurnal - Sistem Pendukung Keputusan Untuk Mengukur Permintaan Produk Pada E-Commerce dengan Fuzzy Inference System: (Studi Kasus Orebae.com)

Sanjaya, Fadil Indra Peer Review Jurnal - Sistem Pendukung Keputusan Untuk Mengukur Permintaan Produk Pada E-Commerce dengan Fuzzy Inference System: (Studi Kasus Orebae.com). JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan). ISSN 2502-5716

[img] Text
404-1275-1-PB JIMP (Review).pdf

Download (1MB)

Abstract

Mengukur permintaan produk adalah tahap penting bagi perusahaan e-commerce untuk mengevaluasi potensi produk yang akan diproduksi di masa depan. Hal ini membantu mereka dalam pengembangan produk baru sesuai dengan kebutuhan pasar. Sebagian besar pengambil keputusan hanya mengandalkan produk terlaris sebagai indikator untuk memperkirakan tren pasar yang akan datang. Namun, perlu dicatat bahwa tren pasar tidak hanya bergantung pada produk terlaris, tetapi juga faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan. Memperkirakan tren pasar dengan mempertimbangkan berbagai kriteria memerlukan analisis yang memakan waktu. Namun, dengan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK), proses pengambilan keputusan dapat menjadi lebih efisien dan cepat. Dalam penelitian ini, SPK mempertimbangkan beberapa variabel input, termasuk Total Penjualan (TS), Rating (R), Jumlah Dilihat (V), Total Komentar (TC), dan Output Permintaan Produk (PD). Dengan pengembangan model Fuzzy Inference System, variabel tersebut dievaluasi melalui pengujian data selama satu tahun untuk memahami perilaku variabel dalam sistem yang diteliti dan dampaknya terhadap output permintaan produk. Dengan menerapkan Fuzzy Inference System pada SPK untuk memodelkan berbagai kriteria yang memengaruhi permintaan produk, hasil penelitian menunjukkan bahwa SPK dapat meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan keuntungan perusahaan.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Depositing User: Fadil Indra Sanjaya
Date Deposited: 15 Mar 2024 07:24
Last Modified: 15 Mar 2024 07:25
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/15167

Actions (login required)

View Item View Item