vivianti, vivianti and ratnawati, dwi (2023) peer review - poster ilmiah: Permainan Edukatif Doll House untuk Hafalan Doa Sehari-hari dan Pendidikan Keterampilan Hidup (Life Skill) Anak Usia Dini Menggunakan Arduino Nano dan Reed Switch. Hak Kekayaan Intelektual.
Text
review 11 - poster ilmiah - Doll House.pdf Download (766kB) |
Abstract
Poster penelitian ini berisi informasi hasil penelitian pengembangan media belajar anak dalam bentuk permainan edukatif rumah boneka untuk hafalan doa sehari-hari dan pendidikan keterampilan hidup untuk anak usia dini. Metode pengembangan yang digunakan dalam pembuatan produk ini yaitu metode riset & pengembangan (R&D). Tahapan pengembangan yang dipakai dalam penelitian ini terdiri dari analisis kebutuhan, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, validasi produk, revisi dan uji coba produk. Subjek pada penelitian ini berjumlah 6 dengan objek penelitian doll house doa sehari-hari. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang diisi oleh wali. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil akhir produk berupa kit permainan edukasi rumah boneka yang terintegrasi dengan Arduino nano dan Reed switch. Produk dapat menghasilkan suara doa sehari-hari dan berbagai sound effect yang mendukung peningkatan kompetensi anak dalam hafalan doa sehari-hari dan pendidikan keterampilan hidup. Reed switch diletakkan pada bagian-bagian rumah boneka yang disetting untuk menghasilkan suara. Permainan edukasi ini disajikan satu paket dengan boneka muslimah yang didalamnya terdapat magnet. Ketika boneka mengenai Reed switch maka program pada Arduino nano akan memberi perintah pada DFPlayer mini untuk menyalakan suara doa maupun sound effect sesuai dengan kegiatan peran yang dilakukan anak.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | S.Pd., M.P Dwi Ratnawati UTY |
Date Deposited: | 24 Mar 2024 14:59 |
Last Modified: | 24 Mar 2024 14:59 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/15214 |
Actions (login required)
View Item |