TIPOLOGI BETAWI SEBAGAI PENDEKATAN DALAM PERANCANGAN PELABUHAN PENYEBERANGAN PARIWISATA DI PULAU PANGGANG KEPULAUAN SERIBU

Meytasari, Cinthyaningtyas and Suhada, Zhafirah Maharani (2022) TIPOLOGI BETAWI SEBAGAI PENDEKATAN DALAM PERANCANGAN PELABUHAN PENYEBERANGAN PARIWISATA DI PULAU PANGGANG KEPULAUAN SERIBU. Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia, https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/906603abefcbae19fac5b0b3baebf9555aa4f8af442e74b1fc0a2bf2dcd5dfa5?nomor=EC00202211880&type=copyright&keyword=tipologi%20betawi.

[img] Text
peer review _HKI_Tipologi Betawi.pdf

Download (373kB)
[img] Text
Sertif_surat pernyataan_Poster_Tipologi Betawi.pdf

Download (7MB)
Official URL: https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/906603abe...

Abstract

Konsep Tipologi bangunan lokal diterapkan dalam rancangan pembangunan bertujuan menampilkan bentuk langgam bangunan yang selaras dengan lingkungan sekitar. Tipologi Betawi diterapkan dalam rancangan Pelabuhan Penyeberangan Pariwisata Pulau Panggang dikarenakan Pulau Panggang merupakan pulau yang memiliki berbagai ragam etnis penduduk dan kegiatan sosial ekonomi untuk sebuah pulau kecil, namun mempunyai akar budaya Betawi, sehingga pendekatan ini diterapkan agar Pelabuhan Wisata ini mampu mjd identitas lokal. Potensi keragaman adat budaya dan alam tersebut memungkinkan kawasan ini untuk terus berkembang sebagai Pulau Pariwisata. Pulau Panggang merupakan bagian dari gugusan pulau di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Departemen Kehutanan Nomor SK.05/IV-KK/2004 tahun 2004 tentang Zonasi Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, Pulau Panggang termasuk dalam zonasi permukiman taman nasional. Rencana pengembangan kawasan Pulau Panggang dalam RPJMD DKI Jakarta 2017- 2022 rentang lima tahun ke depan pembangunan di Pulau Panggang dilaksanakan di area dermaga, dilakukan penataan aktivitas yang ada, pemberian ruang untuk aktivitas informal, penambahan vegetasi dengan tujuan meningkatkan kualitas lingkungan di area pelabuhan, dan juga revitalisasi dermaga utama di Pulau Panggang, sehingga akan menguatkan peran pelabuhan sebagai Pelabuhan Wisata, yang menjadi gerbang utama masuknya wisatawan Kepulauan Seribu ke Pulau Panggang.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Cinthyaningtyas Meytasari, ST., MT., IAI
Date Deposited: 27 Mar 2024 05:08
Last Modified: 27 Mar 2024 05:08
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/15274

Actions (login required)

View Item View Item