PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA

Dwi Ratnawati, Dwi Ratnawati and Soraya Fatmawati, Soraya Fatmawati and vivianti, vivianti and Tri Widodo, Tri Widodo and Oktavia Hardiyantari, Oktavia Hardiyantari (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA. community service and empowerment managed by the Center for Social Studies and Community Service (PS2PM) Faculty of Social Sciences, Political Science and Law, Serang Raya University.

[img] Text
Review_Canva.pdf

Download (694kB)
Official URL: https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PS2PM/ar...

Abstract

Tujuan pengabdian masyrakat ini adalah untuk memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva untuk guru di SD Negeri Gabahan, Sumberadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Permasalahan yang terjadi adalah guru tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait penggunaan canva. Pelatihan dilaksanakan pada bulan Juni, diikuti oleh 12 orang guru. Pengabdian dilakukan dengan pendampingan dari tim dosen UTY. Tahapan pelaksaan kegiatan ini adalah menentukan mitra, observasi dan wawancara, menentukan pelatihan, pembuatan materi, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Kegiatan ini diawali dengan memberikan pengantar tentang tools yang terdapat pada canva dan mengembangkan media pembelajaran menggunakan canva. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangan media pembelajaran. Hasil dari pelaksaan ini adalah 82% guru mampu mengembangan media pembelajaran dengan baik, dan 18% belum dapat mengembangan media pembelajaran dengan baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pengabdian masyarakat ini mampu meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangan media pembelajaran menggunakan canva.

Item Type: Other
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: S.Pd., M.P Dwi Ratnawati UTY
Date Deposited: 29 Apr 2024 00:32
Last Modified: 29 Apr 2024 00:32
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/15376

Actions (login required)

View Item View Item