“Pengembangan Augmented Reality Untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi Kelas X (Studi kasus: MA Darussalam)” "Development of Augmented Reality for Class X Information Technology Subjects (Case study: MA Darussalam)"

Fathur Rojib, Ahmad (2024) “Pengembangan Augmented Reality Untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi Kelas X (Studi kasus: MA Darussalam)” "Development of Augmented Reality for Class X Information Technology Subjects (Case study: MA Darussalam)". Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
5181311007_Ahamad Fathur Rojib_6.docx

Download (14kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sendiri telah berkembang pesat di segala bidang salah satunya adalah augmented reality (AR). Augmented Reality adalah teknologi yang dapat menggabungkan dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk 3D serta bersifat interaktif menurut waktu nyata. Aplikasi augmented reality (AR) merupakan aplikasi yang unik karena membubuhi sesuatu atau menambah realitas pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality kelas X, Dengan media pembelajaran tersebut diharapkan dapat membantu baik guru terlebih siswa dalam memepelajari atau mengenal komponen perangkat keras komputer. Metode penelitian yang digunkan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu; Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery dan Evaluations). Media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) ini mendapatkan kategori sangat layak dengan skor 87% dari ahli media dan mendapatkan kategori sangat layak dari ahli materi dengan skor 82% serta mendapatkan skor 83% kategori layak dari siswa sehingga dapat dipergunakan dalam pembelajaran. Pengembangan hasil keseluruhan dari Ahli media, Ahli materi dan siswa maka media ini layak digunakan. The development of information and communication technology itself has grown rapidly in all fields, one of which is augmented reality (AR). Augmented Reality is a technology that can combine the real world with the virtual world in 3D form and is interactive in real time. Augmented reality (AR) applications are unique in that they embed something or augment the user's reality. This research aims to develop learning media based on augmented reality for class X. With this learning media it is hoped that it can help both teachers and especially students in learning or getting to know computer hardware components. The research method used is research and development (R&D) by adapting the ADDIE development model which consists of five stages which are; Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations). This Augmented Reality (AR) based learning media received a very appropriate category with a score of 87% from media experts and received a very appropriate category from material experts with a score of 82% and received a score of 83% in the appropriate category from students so that it can be used in learning. The development of overall results from media experts, material experts and students means that this media is suitable for use.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality (AR), Aplikasi Android Learning Media, Augmented Reality (AR), Android Application
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: sutarman .
Date Deposited: 30 Apr 2024 01:41
Last Modified: 30 Apr 2024 01:41
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/15396

Actions (login required)

View Item View Item