“Gambaran Skala Prioritas Manajemen Waktu Belajar Mahasiswa (Studi Mahasiswa Bekerja Part-Time Sebagai Barista)” "Description of the Priority Scale of Student Study Time Management (Student Study of Working Part-Time as Baristas)"

Reza, Saputra and Prasetyoaji, ari (2024) “Gambaran Skala Prioritas Manajemen Waktu Belajar Mahasiswa (Studi Mahasiswa Bekerja Part-Time Sebagai Barista)” "Description of the Priority Scale of Student Study Time Management (Student Study of Working Part-Time as Baristas)". Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
5171211019_RezaSaputra_Abstrak_6.docx

Download (18kB)

Abstract

Fenomena kuliah sambil kerja banyak alami oleh mahasiswa, kondisi tersebut menimbulkan kendala tersendiri bagi mahasiswa. Upaya yang dilakukan untuk meminimalisir tersebut ialah dengan penentuan skala prioritas yang baik dan manajemen waktu yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana skala prioritas dan manajemen waktu belajar, tantangan atau kendala dan upaya mengatasi kendala yang dialami mahasiswa yang bekerja part-time sebagai barista. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi dengan sumber data 3 mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Teknologi Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Manajemen waktu belajar mahasiswa yang bekerja part-time sebagai barista dilakukan dengan cara mengalokasikan waktu yang dimiliki dengan sebaik mungkin, 2) Kendala utama yang dialami mahasiswa ialah kendala terkait pembagian waktu belajar, 3) Upaya yang dilakukan mahaiswa untuk mengatasi kendala yang dialami ialah dengan cara menentukan tujuan dan prioritas, mengatur waktu belajar, mengontrol waktu. Penelitian ini terbatas pada aspek skala prioritas dan manajemen waktu belajar mahasiswa yang bekerja part-time sebagai barista. Hasil penelitian ini hanya menggambarkan bagaimana skala prioritas dan manajemen waktu belajar mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Teknologi Yogyakarta. Beberapa hasil kesimpulan tersebut, diharapkan dapat memberikan informasi terkait gambaran manajemen waktu dikalangan mahasiswa serta mampu membantu mahasiswa dalam memanfaatkan waktu luang yang dimiliki. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan mampu mengkaji lebih spesifik terkait dampak serta upaya untuk meminimalisir kendala yang dialami mahasiswa yang bekerja part-time. The phenomenon of studying while working is experienced by many students, this condition creates its own obstacles for students. Efforts are made to minimize this is by setting a good priority scale and proper time management. This study aims to find out how to scale priorities and study time management, challenges or obstacles and efforts to overcome obstacles experienced by students who work part-time as baristas. This research method uses a descriptive qualitative method. Data collection in this study used interview techniques and documentation studies with data sources of 3 Guidance and Counseling Study Program students at Yogyakarta University of Technology. The results of this study indicate that 1) Management of study time for students who work part-time as baristas is done by allocating the time they have as best as possible, 2) The main obstacle experienced by students is related to the division of study time, 3) Efforts made by students to overcoming the obstacles experienced is by setting goals and priorities, Managing study time, controlling time. This research is limited to aspects of priority scale and study time management of students who work part-time as baristas. The results of this study only describe how the priority scale and study time management for Guidance and Counseling Study Program students at the Yogyakarta University of Technology. Some of these conclusions are expected to provide information related to the description of time management among students and to be able to assist students in utilizing their free time. For further research, it is hoped that it will be able to examine more specifically related to the impact and efforts to minimize the constraints experienced by students who work part-time.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Waktu Belajar, Upaya Mengatasi Kendala, Part-time Learning Time Management, Efforts to Overcome Obstacles, Part-time
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Kaprodi S1 Bimbingan Konseling UTY
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:58
Last Modified: 30 Apr 2024 02:58
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/15409

Actions (login required)

View Item View Item