Fauzan, Rahmad and Suseno, Suseno (2024) STRATEGI SISTEM PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (STUDI KASUS PT TARU MARTANI). Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.
Text
5200611006 Rahmad Fauzan-ABSTRAK.pdf Download (115kB) |
Abstract
ABSTRAK PT Taru Martani merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri tembakau. Jenis produk yang dijual PT Taru Martani adalah tembakau potong dan cerutu. PT Taru Martani harus mengenali kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam menghadapi persaingan, yang akan sangat membantu dalam mendefinisikan diri, serta memanfaatkan semua peluang. strategi pemasaran adalah upaya untuk menemukan pemasaran yang menguntungkan. Permasalahan yang didapat adalah data penjualan menurun dikarenakan tingkat perekonomian masyarakat menurun karena terjadinnya masa pandemi Covid-19 pada waktu itu dan berdampak sampai sekarang. Menetapkan strategi pemasaran yang sesuai atau strategi terbaik bagi PT. Taru Martani menggunakan pendekatan metode matriks SWOT dan matriks QSPM. Berdasarkan analisis matrix IFE diperoleh total skor yang dimiliki PT. Taru Martani sebesar 3,43, sedangkan analisis matrix EFE sebesar 2,10. Hasil matrix IE berada pada sel IV yang disebut strategi tumbuh dan membangun, selain itu pada sel IV terdapat strategi integratif yaitu integrasi ke depan, integrasi ke belakang dan integrasi horizontal. Matrik SWOT menghasilkan 8 alternatif strategi yang dapat dipilih oleh PT. Taru Martani. Berdasarkan matriks QSPM alternatif strategi yang paling diusulkan dan diprioritaskan adalah Menjalin kerjasama dengan komunitas penikmat tembakau untuk meningkatkan minat beli pelanggan dengan skor TAS sebesar 7,18. Kata Kunci: Matrix IE, Matrix IFE EFE, Matrix QSPM, Matrix SWOT, Pemasaran. ABSTRACT PT Taru Martani is a company that operates in the tobacco industry. PT Taru Martani sells cut tobacco and cigars as their products. PT Taru Martani needs to acknowledge the strengths and weaknesses of the company when it comes to competing, as this will be crucial in identifying and seizing all opportunities. The marketing strategy is an endeavor to discover lucrative marketing opportunities. The issue is that sales data has decreased due to the community's economic decline caused by the COVID-19 pandemic, which continues to have an impact. Choose the most suitable marketing strategy for PT or determine the best strategy. Taru Martani employs the SWOT matrix method and the QSPM matrix approach. According to the IFE matrix analysis, PT obtained a total score. Taru Martani scores 3.43, while the EFE matrix analysis scores 2.10. The IE matrix shows the results in cell IV, named the growth and development strategy. In cell IV, there is an integrative strategy, including forward integration, backward integration, and horizontal integration. Based on the QSPM matrix, PT. Taru Martani can select from 8 different alternative strategies generated by the SWOT matrix. The most recommended and prioritized strategy is forming a partnership with the tobacco enthusiast community to boost customer buying interest, with a TAS score of 7.18. Keywords: IE Matrix, IFE EFE Matrix, QSPM Matrix, SWOT Matrix, Marketing.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | Kaprodi S1 Teknik Industri UTY |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 01:58 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 01:58 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/16995 |
Actions (login required)
View Item |