“Demotivasi Mahasiswa Pendidikan dalam Penyelesaian Tugas Akhir di Universitas Teknologi Yogyakarta” "Demotivation of Education Students in Completing Final Assignments at Yogyakarta Technology University."

Rozati, Muthia Syafira (2024) “Demotivasi Mahasiswa Pendidikan dalam Penyelesaian Tugas Akhir di Universitas Teknologi Yogyakarta” "Demotivation of Education Students in Completing Final Assignments at Yogyakarta Technology University.". Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
23. 5201211018_MUTHIA SYAFIRA ROZATI_ABSTRAK.docx

Download (17kB)

Abstract

Demotivasi merupakan salah satu penyebab yang dapat menghambat tercapainya masa depan. Dalam jenjang perguruan tinggi, tentunya diharapkan adanya motivasi yang berperan serta sebagai dorongan terjadinya proses belajar. Menyelesaikan studi di perguruan tinggi merupakan sebuah motivasi untuk mencapai standar keberhasilan pendidikan di perguruan tinggi . Namun, dalam penyelesaian tugas akhir tentu tidak mudah dan banyak kendala yang dihadapi oleh setiap mahasiswa, mulai dari tenaga, biaya, waktu hingga motivasi saat proses penyelesaian tugas akhir. Salah satu kendala yang dihadapi oleh mahasiswa pendidikan di Universitas Teknologi Yogyakarta yaitu demotivasi yang dimiliki dalam proses penyelesaian tugas akhir dan ini menghambat adanya ketercapaian kelulusan tepat waktu. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan bentuk-bentuk demotivasi dan faktor-faktor penyebab demotivasi yang dialami oleh mahasiswa pendidikan hingga strategi apa yang akan dilakukan oleh mahasiswa pendidikan Universitas Teknologi Yogyakarta dalam penyelesaian tugas akhir. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan informasi, diskusi maupun gambaran-gambaran mengenai demotivasi mahasiswa pendidikan dalam penyelesaian tugas akhir. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara hingga dokumentasi. Meskipun terdapat adanya keterbatasan dalam penelitian yang hanya merujuk pada mahasiswa pendidikan terkait demotivasi penyelesaian tugas akhir, penelitian ini memberikan temuan mengenai bentuk demotivasi yaitu, ketidakpercayaan diri, kegiatan diluar kampus, manajemen waktu yang kurang baik, mudah jenuh dan bosan lalu faktor-faktor yang dimiliki yaitu mengulang mata kuliah,mudah terdistraksi, menjalin hubungan toxic, ketidakpastian masa depan, keluarga, dan sumber daya. Adapun strategi yang akan dilakukan yaitu menjaga fokus dan konsentrasi, mengatur pola manajemen waktu dengan baik, mencari sumber daya tambahan hingga memiliki target untuk menyelesaikan tugas akhir. Bagi peneliti selanjutnya yang akan meneliti tentang demotivasi mahasiswa pendidikan dalam penyelesaian tugas akhir, diharapkan lebih memperluas variabel hingga aspek penelitian agar nantinya mendapatkan data yang lebih spesifik mengenai bentuk hingga faktor penyebab demotivasi yang dilakukan oleh mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir. Selain itu, peneliti menyarankan agar peneliti selanjutnya mampu memberikan penelitian dalam metode yang berbeda agar hasilnya lebih meluas dari penelitian yang telah dilakukan. One of the things that can prevent future success is demotivation. Naturally, the expectation at the tertiary level is that motivation will contribute to promoting the learning process. Reaching the benchmark for academic achievement in college is driven by the desire to finish one's studies. On the other hand, finishing the final assignment is undoubtedly difficult, and each student must overcome many challenges related to time, money, energy, and motivation. At Yogyakarta University of Technology, one of the challenges encountered by education students is demotivation during the completion of final assignments, which makes it more difficult to graduate on time. In order to determine what tactics Yogyakarta Technology University education students will employ to finish their final assignments, the research sought to identify the types of demotivation and the factors that contribute to demotivation that affect education students. It is intended that the findings of this study will provide insight, context, and examples for understanding how education students become demotivated to finish their final assignments. This study's data collection process uses descriptive qualitative methods including observation, interviews, and documentation. Despite the limitations in research focusing solely on education students and their demotivation in completing final assignments, this study presents insights into various forms of demotivation, such as self-doubt, engagement in off-campus activities, poor time management, susceptibility to boredom, and the factors contributing to these issues. These factors include repeating courses, susceptibility to distractions, involvement in toxic relationships, uncertainty about the future, family dynamics, and available resources. The proposed strategies include maintaining focus, effective time management, seeking additional support, and setting clear goals for completing final assignments. Future researchers investigating demotivation among education students are encouraged to broaden the scope of variables studied to gain more specific insights into the forms and causes of demotivation experienced by students during the completion of final assignments. Additionally, it is recommended that future studies employ diverse research methods to ensure comprehensive results beyond the scope of existing research.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Demotivasi, tugas akhir, mahasiswa Demotivation, final assignment, students
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Kaprodi S1 Bimbingan Konseling UTY
Date Deposited: 05 Dec 2024 03:13
Last Modified: 05 Dec 2024 03:13
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/17084

Actions (login required)

View Item View Item