Rahmanaulia, Belida and Al Faritsy, Ari Zaqi (2024) AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PRAKTIKUM DI LAB INTERGASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.
Text
5200611090 Belida Rahmanulia-ABSTRAK.pdf Download (254kB) |
Abstract
Abstrak Dari penyebaran kuesioner terhadap Mahasiswa Teknik Industri Universitas Teknologi Yogyakarta dalam pemahaman mengenai alat-alat praktikum tentang mesin cnc router, mesin 3d printer, treadmill dari 90 mahasiswa yang menjadi responden diketahui data kendala sebagai berikut 60 mahasiswa merasa kurangnya petunjuk atau panduan praktis, 30 mahasiswa merasa kurangnya pengetahuan teknis. Dengan merujuk pada masalah tersebut augmented reality dapat membantu dalam proses pembelajaran mengenai informasi penggunaan alat praktikum di lab intergasi. Adapun proses yang harus dilakukan adalah membuat sebuah gambar dari setiap alat/mesin meliputi: ukuran mesin dan spesifikasi mesin, membuat lisensi pada Vuforia engine hingga pembuatan marker pada software unity metode yang digunakan dalam pembuatan augmented reality adalah metode marker based tracking yaitu menampilkan object dengan menggunakan marker. Dari hasil penelitian menggunakan augmented reality didalamnya ada beberapa bagian seperti menampilkan desain 3d dari mesin 3d printer, mesin cnc router, treadmill, kemudian menampilkan video intruksi penggunan mesin/alat praktikum tersebut, bagian menampilkan cara penggunaan aplikasi tersebut serta berisikan marker/penanda untuk menampilkan desain 3d dan video intruksi penggunaan mesin/alat praktikum tersebut. Serta dalam pengujian User Acceptance Testing penilaian yang ditujukan kepada 90 mahasiswa dan 10 pertanyaan tantang fungsional dan non fungsional mengenai aplikasi augmented reality lab integrasi didapatkan skor 96 % yang dapat disimpulkan bahwa aplikasi berjalan dengan baik dan dapat dipergunakan. Kata kunci: Augmented Reality, User Acceptance Testing, Marker Based Tracking ABSTRACT According to the data collected from 90 Industrial Engineering Students of Yogyakarta Technology University through the distribution of questionnaires, it is evident that 60 students have expressed a need for more practical instructions or guidance, while 30 students feel they lack technical knowledge when it comes to CNC router machines, 3D printer machines, and treadmills. Augmented reality can assist in learning by providing information on using practical tools in the integration lab to address this issue. The required process involves creating an image of each tool or machine, including machine size and specifications. This process includes creating a license on the Vuforia engine to generate markers on the Unity software. The method used to create augmented reality is marker-based tracking, which displays objects using markers. The augmented reality study yielded various components, including the presentation of 3D designs for 3D printer machines, CNC router machines, and treadmills. Additionally, it featured video instructions for utilizing the machines and practical tools, as well as a section demonstrating how to use the application and incorporate markers to display 3D designs and video instructions. Furthermore, the User Acceptance Testing assessment, which involved 90 students and 10 questions challenging functional and non-functional aspects of the augmented reality lab integration, resulted in a score of 96%. This indicates that the application functions effectively and is suitable for use. Keywords: Augmented Reality, User Acceptance Testing, Marker Based Tracking
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | Kaprodi S1 Teknik Industri UTY |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 07:51 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 07:51 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/17120 |
Actions (login required)
View Item |