Noviana, Mega and Marlina, Endy (2022) STRATEGI REDESAIN PASAR BESAR KOTA BATU SEBAGAI PENDUKUNG PARIWISATA DI KOTA BATU. Syntax Idea, 4 (3). ISSN 2684-883X (Unpublished)
![]() |
Text
2022 Maret-STRATEGI REDESAIN PASAR BESAR KOTA BATU SEBAGAI PENDUKUNG PARIWISATA DI KOTA BATU.pdf Download (533kB) |
Abstract
Pemerintah Kota Batu berupaya meningkatkan pariwisata melalui pasar tradisional untuk meningkatkan wisatawan dan terwujudnya Kota Wisata Batu (KWB). Redesain Pasar Besar Kota Batu menjadi salah satu pendukung peningkatan pariwisata diimplementasikan dengan penggabungan fungsi pasar tradisional menjadi pasar wisata. Pengembangan pasar wisata juga dikembangkan sebagai media untuk menampilkan hasil-hasil UMKM dan khususnya hasil-hasil pertanian organik menjadi komoditas unggulan daerah Kota Batu untuk menarik minat wisatawan. Strategi redesain pasar muncul dari observasi permasalahan ruang dan potensi pergeseran fungsi pasar. Permasalahan pasar berkaitan erat dengan indera manusia dan aktivitas dalam ruang. Hubungan ini membangun keterkaitan dialektik antara ruang dan manusianya. Pergeseran image pasar berpotensi meningkatkan mutu pasar serta pariwisata Kota Batu. Hal ini diterapkan pada pengaturan ruang re-creative untuk memperbaiki mood pengguna. Selain itu, pengaturan zonasi dan sirkulasi pasar untuk merorganisir pasar sehingga seluruh pengguna dapat menikmati pasar secara keseluruhan. Permainan massa bangunan, lighting, serta penambahan fungsi Food & Beverage juga sebagai implementasi konsep Re- creative untuk menghilangkan kepenatan. Batu City Government seeks to increase tourism through traditional markets to increase tourists and the realization of Batu Tourism City (KWB). The redesign of the Big Market of Batu City is one of the supporter of increasing tourism, which is implemented by merging the functions of traditional market into tourism market. The development of the tourism market was also developed as a medium for displaying the results of MSMEs and especially organic agricultural products which became the leading commodities in the Batu City area to attract tourists. The market redesign strategies emerged from the observation of spatial problems and potential shifts in market function. Market problems are closely related to the human senses and activities in space. This relationship builds a dialectical relationship between space and its people. The transition in market image has the potential to improve market quality and tourism in Batu City. It is applied to the Re-creative space setting to improve the user's mood. In addition, zoning and market circulation arrangements to organize the market so that all users can enjoy the market as a whole. The building
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kota wisata; pendukung pariwisata; pasar; UMKM; Re-Creative |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur |
Depositing User: | Kaprodi S1 Arsitektur UTY |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 03:25 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 03:25 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/17515 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |