PENERAPAN ECO FRIENDLY PADA RANCANGAN TEMPAT ISTIRAHAT DI KABUPATEN SANGGAU, KALIMANTAN BARAT

Renalda, Angga and Marlina, Endy (2024) PENERAPAN ECO FRIENDLY PADA RANCANGAN TEMPAT ISTIRAHAT DI KABUPATEN SANGGAU, KALIMANTAN BARAT. Journal of Architecture and Build Environtment, 6 (1). pp. 36-47. ISSN 2685-0400

[img] Text
2024 Juni-PENERAPAN ECO FRIENDLY PADA RANCANGAN TEMPAT.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jalan Tayan-Sosok merupakan jalur lintas antar daerah Kalimantan Barat, negara dan provinsi yang menghubungkan Pontianak dengan Malaysia, Brunei Darussalam, dan Provinsi Kalimantan Tengah. Dengan begitu kepadatan lalu lintas di jalur tersebut cukup tinggi dibeberapa hari besar, sehingga menyebabkan kemacetan dan peningkatan angka kecelakaan di ruas jalan Tayan-Sosok, Adapun jumlah kecelakaan yang terjadi di Kecamatan Tayan-Hilir Khususnya Jalur Trans Kalimantan dan Tayan-Sosok sepanjang tahun dengan ratusan kasus dengan faktor penyebab kecelakaan yang terbesar yaitu human error, maka dari itu pembangunan tempat istirahat yang berlokasi di area jalan tayan sosok, sebagai tempat istirahat pengguna jalan. Eco Friendly dipilih sebagai solusi permasalahan yang merespon kondisi lingkungan di Kalimantan Barat dimana banjir,deforestasi,dan suhu yang cukup tinggi dimana Kalimantan Barat dilalui oleh garis khatulistiwa. Dengan pendekatan Eco Friendly arsitek dapat merancang bangunan dan lingkungan secara sustainable. Metode perancangan meliputi menentukan tujuan perancangan, pengumpulan data, analisa data, konsep rancangan, dan hasil desain. ABSTRACT The Tayan-Sosok road is a cross-regional route in West Kalimantan, connecting Pontianak with Malaysia, Brunei Darussalam, and the Central Kalimantan Province. Due to its significance as a thoroughfare for both national and provincial traffic, the road experiences high traffic density, particularly during major holidays, leading to congestion and an increase in accident rates along the Tayan-Sosok section. The Tayan-Hilir sub- district, especially the Trans Kalimantan route and Tayan-Sosok, has witnessed hundreds of accidents throughout the year, with human error identified as the predominant contributing factor. In response to this, a rest area is proposed to be constructed along the Tayan-Sosok road to provide a designated rest space for road users. The choice of an Eco-Friendly approach is driven by the need to address environmental challenges in West Kalimantan, such as floods, deforestation, and high temperatures, given its location along the equator. Through the Eco-Friendly approach, architects can design buildings and environments sustainably. The design methodology encompasses setting design objectives, data collection, data analysis, design concept development, and the presentation of the design outcomes.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tempat Istirahat, Jalan Tayan-Sosok, deforestasi, Eco Friendly. Rest Area, Tayan-Sosok Road, human error, Eco Friendly.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 25 Mar 2025 03:51
Last Modified: 25 Mar 2025 03:51
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/17520

Actions (login required)

View Item View Item