Pasar sebagai Ruang Privat Masyarakat

Endy Marlina, Endy and Arya Roland, Arya and Sudaryono, Sudar and Atyanto Dharoko, Dharoko (2012) Pasar sebagai Ruang Privat Masyarakat. In: UNSPECIFIED UTY. ISBN 978-979-1334-32-7

[img]
Preview
Text
13-PASAR SEBAGAI RUANG PRIVAT MASYARAKAT-2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bangkitnya kegiatan ekonomi masyarakat pasca gempa DIY bulan Mei 2006 yang lalu adalah fenomena menarik yang dapat ditelusuri untuk mengungkapkan tata nilai dan budaya masyarakat yang mendasari penciptaan ruangnya. Metoda fenomenologi dipilih untuk melakukan penelitian ini karena diharapkan mampu mengungkap makna transenden yang ada dibalik realitas yang tertangkap secara visual. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa bagi masyarakat Kabupaten Bantul dan Gunungkidul, pasar adalah ruang privat. Pasar mengakomodaasi berbagai kegiatan masyarakat yang mempengaruhi tatanan fisik pasar itu. Penulusuran tatanan fidik dan kegiatan masyarakat pasar menunjukan bahwa kontrol ruang-ruang di pasar dilakukan dengan pengaturan akses atau campur tangan pihak lain ke dalam zona privat para pengguna pasar. Para pengguna pasar mengatur tatanan fisik ruang mereka untuk dapat memasukkan'bagian dari mereka' ke dalam zona privatnya. Tatanan dan pengaturan kontrol ruang ini menunjukkan bahwa interaksi sosial yang berkembang pada masyarakat telah diimplementasikan dalam realisasi pasar sebagai ruang privat bagi mereka. Kata kunci: Interaksi sosial, pasar, ruang privat, tatanan fisik

Item Type: Book Section
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 13 Nov 2018 06:23
Last Modified: 20 Dec 2018 03:38
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/2241

Actions (login required)

View Item View Item