Bagus Franata, Anugrah and Setiafindari, Widya (2019) DESAIN BRACKET CALIPER DALAM PENGGUNAAN PENGEREMAN KAWASAKI NINJA TIPE RR 150 MENGGUNAKAN METODE PERANCANGAN VDI 2221. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.
|
Text
5130611003 ANUGRAH BAGUS.pdf Download (200kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan terdapat pengaruh variabel terhadap menurunnya kapasitas pengereman motor. Kapasitas tersebut berupa daya cekaman rem untuk memperlambat laju. Variabel yang berpengaruh terdiri dari usia rem, gaya gesek pengereman, waktu pengereman. Untuk mengetahui korelasi antar variabel uji statistik korelasi menggunakan uji t-test. Interpretasi hubungan korelasi bahwa terdapat korelasi usia, waktu laju, gaya gesek terhadap kapasitas pengereman. Oleh karena itu improvement berupa rancangan prototype bracked caliper menggunakan metode VDI 2221. Komponen point yang di modifikasi bagian dari caliper. Karakteristik metode ini memiliki 4 fase dari penjabaran tugas rancangan bracked caliper, penancangan konsep, perancangan wujud berupa desain, penjabaran detail. Hasil dari rancangan menggunakan VDI 2221 adalah menggunakan 4 piston agar menambah daya cekam kampas, menggunakan bahan aluminium billet untuk menambah usia rem. Pengujian pengereman cakram pada motor Kawasaki Ninja tipe RR 150 dengan kecepatan 40 km/jam memberikan perlambatan 2,3 m / s¬2, kecepatan 50 km/jam perlambatan 3,2 m / s¬2, kecepatan 60 km/jam perlambatan 4,4 m / s¬2 Keyword : bracked caliper, VDI 2221, t-test, korelasi
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | T. Industri UTY |
Date Deposited: | 08 May 2019 05:06 |
Last Modified: | 08 May 2019 05:06 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/2761 |
Actions (login required)
View Item |