EVALUASI DAERAH RAWAN KECELAKAAN KABUPATEN MAGELANG (Kecelakaan,Analisis,Rawan,Daerah)

Deky H,P, Rizky Rahma and Ismaili, Abul Fida (2019) EVALUASI DAERAH RAWAN KECELAKAAN KABUPATEN MAGELANG (Kecelakaan,Analisis,Rawan,Daerah). Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
43. Rizky Rahma Deky.docx.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kecelakaan lalu lintas adalah kejadian dimana sebuah kendaraan bermotor bertabrakan dengan benda lain atau dengan kendaraan lain dan mengakibatkan kerusakan.ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya kecelakaan. Pertama adalah faktor manusia, kedua faktor kendaraan dan yang terakhir adalah faktor jalan. Kombinasi dari ketiga faktor tersebut bisa terjadi antara manusia dengan kendaraan maupun kendaraan dengan kendaraan. Hal tersebut bisa terjadi akibat kendaraan berjalan melebihi batas kecepatan maupun keterbatasan jarak pandang maupun faktor lingkungan, cuaca yang juga bisa berkontribusi terhadap kecelakaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui daerah rawan kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Magelang, dan berusaha untuk mengurangi tingkat kecelakaan, terutama di daerah yang tingkat kecelakaannya paling tinggi. Dalam penelitian ini data yang digunakan untuk menganalisis adalah data primer dan data sekunder serta pengamatan dilapangan seperti kondisi fisik jalan dan fasilitas jalan.Serta dibutuhkan data kecelakaan yang diperoleh dari Polres Kabupaten Magelang dan Dinas Perhubungan Darat. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunaka metode analisis Black Spot dan Black Site, setelah itu dilakukan evaluasi perilaku kecelakaan lalu lintas. Dari hasil analisis menunjukan daerah rawan kecelakaan lalu lintas dengan tingkat kecelakaan tertinggi yaitu daerah jalan Yogyakarta-Magelang Tangkilan Pabelan Mungkid Magelang km 14. Dengan jumlah korban meninggal dunia 13 orang. Faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan pada daerah rawan kecelakaan yaitu kurangnya rambu-rambu lalu lintas, jalan rusak, jalan licin dan penerangan jalan, sehingga perlun menggatikan penerangan jalan yang tidak berfungsi baik. Kata Kunci: Kecelakaan, Analisis, Rawan, Daerah. ABSTRACT Traffic accidents are events where a motorized vehicle collides with another object or with another vehicle and causes damage. There are three main factors that cause an accident. First is the human factor, both the vehicle factor and the last is the road factor. The combination of these three factors can occur between humans and vehicles and vehicles with vehicles. This can occur due to vehicles running over the speed limit and limited visibility and environmental factors, weather that can also contribute to accidents. This research was conducted to find out areas prone to traffic accidents in Magelang Regency, and sought to reduce accident rates, especially in areas with the highest accident rates. In this study the data used to analyze are primary data and secondary data as well as observations in the field such as the physical condition of roads and road facilities. As well as the data needed for accidents obtained from the District Police of Magelang and the Department of Land Transportation. Then the data obtained were analyzed using the Black Spot and Black Site analysis methods, after which the traffic accident behavior was evaluated. From the results of the analysis, the area prone to traffic accidents with the highest accident rate is the Tangkilan Yogyakarta-Magelang road area, Pabelan Mungkid Magelang, km 14. With the death toll of 13 people. Factors that cause accidents in accident-prone areas are lack of traffic signs, damaged roads, slippery roads and street lighting, so that the road lighting is not functioning properly. Keywords: Accident, Analysis, Prone, Region.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY
Date Deposited: 10 Jul 2019 02:39
Last Modified: 10 Jul 2019 02:39
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/2883

Actions (login required)

View Item View Item