Herwan, Zaldi Septu and Susilo, Dibyo (2019) EVALUASI DAERAH RAWAN KECELAKAAN DENGAN MENGUNAKAAN BLACK SPOT DAN BLACK SITE PADA JALAN KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA Studi kasus : Ruas Jalan Parangtritis KM 8 sampai KM 12. Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.
|
Text
49. Zaldi_septu_Herwan 5140811233.docx.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Infrastruktur jalan merupakan transpotasi darat yang mendukung sarana dan prasarana masyarakat dalam perekonomian, Banyak daerah persimpangaan yang menghubungkan jalan arteri, sehingga membuat jalan tersebut rawan kecelakaan. Karena itu pentingnya jalan raya bagi masyarakat terhadap perencanaan jalan raya yang mengikut sertakan kenyamanan, kemudahan dan keamanan bagi pengguna jalan raya. Sehingga dilakukan penelitiaan ini yang bertujuan untuk mengurangi daerah rawan kecelakaan terhadap lokasi Jalan Parangtritis Penelitian ini dilakuakan dengan pengumpulan data dari polres bantul dan Dinas Perhubungan berupa data kecelakaan lalu lintas dari 2015 s/d 2017. Analisis perhitungan ini mengunakan metode Z-score dan Cusum dengan mencari daerah rawan kecelakaan Black spot dan Black site. Dalam penelitian ini terdapat daerah rawan kecelakaan dari kilometer 8 s/d 12 dimana angka Z-score 3,7666 > 0 dan angaka Cusum 11,4667 > 0 maka dapatlah daerah rawan kecelakaan pada hasil black site dan black spot pada lokasi Parangtritis. Saran dari penelitian adalah Perlu dilakukan penyuluhan atau sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan peraturan-peraturan keselamatan lalu lintas dan juga ruas jalan yang sering terjadi kecelakaan Kata kunci:, ,Black Site, Black Spot, Lalu Lintas ABSTRACT Road infrastructure is land transportation that supports community facilities and infrastructure in the economy. Many intersection areas connect arterial roads, making the road prone to accidents. Because of that, the importance of the highway for the community towards highway planning that includes comfort, convenience and security for road users. So this research is conducted that aims to reduce accident-prone areas on the location of Parangtritis Road This research was conducted by collecting data from the Bantul Regional Police and the Department of Transportation in the form of traffic accident data from 2015 to 2017. The analysis of this calculation used the Z-score and Cusum methods by searching for accident-prone areas of Black spots and Black sites. In this research, there were accident-prone areas from kilometers 8 to 12 where the number of Z-score was 3.7666> 0 and the number of Cusum was 11.4667> 0, so that accident-prone areas were found in the results of black sites and black spots in the Parangtritis location. Suggestions from research are that counseling or socialization needs to be carried out to the public related to traffic safety regulations as well as road sections that often occur in accidents. Keywords:Black Site, Black Spot, Traffic
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY |
Date Deposited: | 10 Jul 2019 03:54 |
Last Modified: | 10 Jul 2019 03:54 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/2889 |
Actions (login required)
View Item |