Tri, Widodo and Andung, Jati Nugroho (2019) PENGUKURAN KEPUASAN PENUMPANG KERETA API PRAMEKS DI STASIUN KLATEN. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.
|
Text
5140611011 Tri Widodo.pdf Download (421kB) | Preview |
Abstract
PT Kereta Api Indonesia memberikan pelayanan kepada calon penumpang dalam penyediaan jasa yangberhubungan dengan pelayanan perkeretaapian satu-satunya di Indonesia. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan yang sudah diberikan oleh Stasiun Klaten terhadap penumpang kereta api. Penelitian ini dilakukan pada penumpangkereta. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan 25 kuesioner kepada para penumpang kereta api di Stasiun Klaten. Kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas, untuk menentukan kesesuaian kuesioner yang disebar, selanjutnya dilakukan pengukuran rata-rata tingkat kepentingan dengan Service Performance, selanjutnya dilakukan perhitungan Customer Satisfaction Index untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang, kemudian dilakukan pembuatan grafik Importance Performance Analysis untuk menentukan tingkat kepentingan dan kepuasan pelanggan. Hasil perhitungan dari Service Performance didapatkan nilai tingkat kesesuaian sebesar 44,45%-77,45%, nilai Customer Satisfaction Index sebesar 61,60% yang termasuk dalam kriteria Very Poor atau perlu dilakukan perbaikan, perhitungan Importance Performance Analysis terdapat atribut kualitas yang menjadi prioritas utama yaitu atribut nomor 6, 7, 12, 20, dan 21. Dengan usulan perbaikan menggunakan Teoriya Resheniya Izobreatatelskikh Zadatch yaitu, memberi nomer antrian kepada para pelanggan saat membeli tiket, menyiapkan mekanik untuk perawatan rutin mesin tiket dan selalu dalam pengawasan penjaga tiket agar bisa memandu calon penumpang yang membeli tiket, menambah jumlah kursi untuk calon penumpang dan pengantar, Menambah fasilitas penunjang yang belum ada dilingkungan Stasiun Klaten, PT KAI akan memberi penyuluhan kepada para petugas Stasiun Klaten agar lebih disiplin dan mengutamakan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Kinerja, Tingkat Kepentingan
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | Kaprodi S1 Teknik Industri UTY |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 02:56 |
Last Modified: | 30 Jul 2019 02:56 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/3052 |
Actions (login required)
View Item |