STRATEGI DIGITAL MARKETING PENJUALAN BAJU BRAND MATAHARI DI ICH DANAREJA

Inaaratul, Chusna Ichda Purwanto and Yohanes, Anton Nugroho (2019) STRATEGI DIGITAL MARKETING PENJUALAN BAJU BRAND MATAHARI DI ICH DANAREJA. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5150611038 Inaaratul Chusna Ichda Purwanto.pdf

Download (592kB) | Preview

Abstract

ICH Danareja merupakan pelaku industri rumahan yang bergerak pada bidang penjualan baju brand matahari. Implementasi penjualan baju brand matahari yang dilakukan oleh ICH Danareja adalah dengan cara toko offline dan pemasaran daring melalui media sosial. Permasalahan yang dihadapi ICH saat ini adalah minimnya teknik penjualan baju brand matahari melalui sarana media promosi. Rata-rata penjualan tahun 2018 perbulan hanya berkisar 300 pcs baju yang dihasilkan dari pemasaran secara konvensional maupun daring dengan total pendapatan Rp 15.000.000/bulan. Kondisi ini cukup rendah karena seharusnya target penjualan 500 pcs baju dan belum menyasar pada penggunaan sarana digital marketing dan mengindikasikan penurunan volume penjualan sebesar 40% pada tahun 2016, 45% pada tahun 2017 dan 50% pada tahun 2018.Studi kasus yang diteliti, bagaimana volume penjualan baju bisa ditingkatkan dengan metode Boston Consulting Group. Setelah proses pengalokasian pemasaran produk, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi peningkatan proses bisnis dengan metode benchmarking merupakan proses yang membandingkan dan mengukur kinerja suatu perusahaan dengan pesaing guna mendapatkan keuntungan informasi yang akan digunakan untuk perbaikan secara kontinyu. Hasil tingkat volume penjualan baju brand matahari mempunyai daya tarik pertumbuhan pasar sebesar 0,03%, total pertumbuhan pangsa pasar sebesar 0,6%, tingkat pertumbuhan penjualan produk mencapai 504 pcs per bulan. Sehingga dapat memenuhi target penjualan sebanyak 500 pcs baju per bulan. Selanjutnya menganalisis benchmarking yang mengacu pada kanvas strategi keunggulan harga yang dimiliki ICH adalah relatif standar dan terjangkau, harga terendah sebesar Rp 35.000. Strategi yang dilakukan setelah mengetahui hasil pencapaian adalah meningkatkan promosi digital marketing seperti; penambahan marketplace diantaranya bukalapak, lazada, blibli, dan jd.id. Sedangkan untuk website ditransmigrasi ke layanan domain dan hosting yang berbayar (annual). Kata Kunci: Digital Marketing, Boston Consulting Group, Benchmarking, Kanvas Strategi

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Industri UTY
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:58
Last Modified: 30 Jul 2019 02:58
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/3061

Actions (login required)

View Item View Item