PENERAPAN PEMASARAN ONLINE BERDASARKAN BAURAN MARKETING MIX PADA PRODUK BAKSO

Aditya, Jefririyadi and Widya, Setiafindari (2019) PENERAPAN PEMASARAN ONLINE BERDASARKAN BAURAN MARKETING MIX PADA PRODUK BAKSO. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5150611095 Aditya Jefririyadi.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Rumah makan bakso nur berupaya untuk menciptakan pemasaran yang berbeda dengan bakso lainnya untuk dapat menarik pelanggan, Rumah Makan Bakso Pak Nur memproduksi 2 macam bakso yaitu bakso biasa dan bakso jumbo. Permasalahan yang timbul di Rumah Makan Bakso Pak Nur adalah kurangnya inisiatif dalam mempromosikan produk, sehingga Rumah Makan Bakso Pak Nur belum bisa menarik minat konsumen. Pada penelitian ini dikembangkan penerapan pemasaran online berdasarkan bauran marketing mix pada produk bakso. Pemakaian alat analisis tersebut untuk menganalisis cara meningkatkan volume penjualan yang tepat. Tujuannya adalah menentukan variabel yang paling berpengaruh sehingga dapat meningkatkan kuantitas penjualan produk dan menganalisis cara meningkatkan volume penjualan yang tepat melalui pemasaran online berdasarkan bauran Marketing Mix. Pada Rumah Makan Bakso Pak Nur pada hasil pengujian skoring skala likert terhadap kepuasan konsumen yang menyatakan setuju dan sangat setuju adalah pada variabel produk, variabel harga, dan variabel lokasi . Variabel yang paling berpengaruh dalam peningkatan kuantitas produk adalah variabel promosi dengan nilai pengujian skoring hanya mencapai bobot 1,6 dan 1,74 , dimana artinya konsumen sangat tidak puas terhadap promosi yang dilakukan karena belum efektif dalam menarik minat konsumen. Rumah Makan Bakso Pak Nur dapat menjual bakso biasa 1480 porsi, dan bakso jumbo 1380 sehingga terdapat penurun sebesar 140 porsi dengan target penjualan 3000, terjadi penurunan sebelum menerapkan pemasaran online berdasarkan bauran marketing mix. Dengan menggunakan pemasaran online berdasarkan bauran marketing mix terjadi peningkatan yang awal nya bakso pak nur hanya dapat menjual bakso biasa 1480 porsi setelah melakukan pengolahan dapat menjual 1600 porsi terjadi peningkatan 120 porsi, dan bakso jumbo yang awal nya hanya dapat menjual 1380 porsi dapat menjual 1600 terjadi peningkatan 220 porsi. Total peningkatan bakso biasa dan bakso jumbo adalah 340 porsi. Kata Kunci: E-Commerce, Marketing Mix 4P

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Industri UTY
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:02
Last Modified: 30 Jul 2019 03:02
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/3080

Actions (login required)

View Item View Item