REDESIGN PONDOK PESANTREN CENDEKIA DARUL LUTVIAYAH MURNI NW AIKLOMAK Dengan Penekanan Pada Bentuk Bangunan Melalui Pendekatan Arsitektur Vernakular Di Aikmel, Lombok Timur NTB

Majid, Mahadi and Setyowati, Endang (2019) REDESIGN PONDOK PESANTREN CENDEKIA DARUL LUTVIAYAH MURNI NW AIKLOMAK Dengan Penekanan Pada Bentuk Bangunan Melalui Pendekatan Arsitektur Vernakular Di Aikmel, Lombok Timur NTB. ["eprint_fieldopt_thesis_type_tugasakhir" not defined] thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5140911159-MAHADI.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pondok Pesantren Cendekia Darullutviyah Murni NW Aiklomak adalah sebuah lembaga pendidikan Islam, yang memadukan sistem pendidikan dan pengajaran antara sistem pendidikan pesantren tradisional dengan pendidikan modern. Seperti adanya jenjang pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang di kembangkan saat ini. Sistem yang digunakan adalah formal dan non formal. Adapun sasaran yang diperuntukkan dalam konsep ini ialah selain menerapkan penekanan desain, pondok pesantren ini juga dapat mampu mewadahi dan mendukung kegiatan santri. Metode yang digunakan untuk data primer dan sekunder adalah metode observasi dan metode dokumentasi. Sebelumnya pernah diadakan penelitian di pesantren tersebut oleh penulis, sebagian dilakukan pencarian data melalui internet. Setelah adanya data-data yang di dapatkan dari penelitian tersebut kemudian di analisis dan mengelola potensi dan permasalahan pada site sehingga menghasilkan solusi yang sukses pada desain. Kemudian dari penelitian tersebut, beberapa kesimpulan yang muncul yaitu: Kurangnya fasilitas yang menunjang kegiatan sehari-hari seperti ruang kelas, asrama dan fasilitas untuk memanfaatkan potensi-potensi yang ada di sekitarnya menjadi salah satu faktor yang bisa menghambat perkembang pondok pesantren dan pondok pesantren tersebut menerapkan desain arsitektur tradisional sebagai karakter yang harus di pertahankan. Dari kesimpulan di atas, perlu adaya redesain pada pondok pesantren Cendekia Aiklomak dengan pendakatan Arsitektur vernakular yang bertujuan untuk mempertahankan konsep-konsep yang sudah ada pada pondok pesantren dan melestarikan arsitetur tradisional yang ada di sana melaluai bentuk bangunan dan memanfaatkan unsur-unsur lokal sebagai material dan onamen pembentuk bangunan, sehingga kebutuhan yang ada di pondok pesantren dapat terpenuhi dan bias menjadi daya tarik bagi santri lainnya untuk masuk menuntut ilmu. Kata Kunci : Redesign, Arsitektur Vernakular, Pondok Pesantren Aiklomak ABSTRACT Cendekia Darullutviyah Murni NW Aiklomak Islamic Boarding School is an Islamic educational institution which combines the education and teaching system between educational system of traditional Islamic boarding school and modern education. As the existence of vocational high school (SMK) is currently being developed. The system uses both formal and informal. The target intended in this concept is that besides focusing on design, this boarding school can also be able to accommodate and support the activities of religious pupil. The method used for primary and secondary data is the observation and documentation method. Previously there was a research at the Islamic boarding school by the author, some of which was conducted by searching the data via the internet. After the data obtained from the research then analyzed and managed the potential and problems on the site so as to produce a successful solution to the design. From the study gained several conclusions, namely: The lack of facilities that support daily activities such as classrooms, dormitories and facilities to utilize the potentials around them was one of the factors that hindered the development of Islamic boarding schools and the Islamic boarding schools applied traditional architectural design as a character that must be maintained. From the above conclusions, it is necessary to redesign the Aiklomak Islamic boarding school by approaching vernacular architecture which aims to preserve the concepts that already exist in Islamic boarding schools and preserve existing traditional architecture through building forms and utilizing local elements as material and building ornament, so that the needs in Islamic boarding schools can be fulfilled and the can be an attraction for other religious pupil to study here. Keywords: Aiklomak Islamic Boarding School, Redesign, Vernacular Architecture

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_tugasakhir" not defined])
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 30 Jul 2019 07:39
Last Modified: 30 Jul 2019 07:39
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/3132

Actions (login required)

View Item View Item