ANALISIS STABILITAS LERENG DENGAN MENGGUNAKAN SIMPLIFIED BISHOP METHOD DAN PERKUATAN GEOTEKSTIL DENGAN MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PLAXIS (Studi Kasus Jalan Cepresan-Kemusu Kabupaten Boyolali) ANALYSIS OF SLOPE STABILITY USING SIMPLIFIED BISHOP METHOD AND STRENGTHENING GEOTEXTILE USING PLAXIS SOFTWARE (Case Study of Jalan Cepresan-Kemusu, Boyolali Regency)

Irsyad, Muhammad and Ismaili, Abul Fida (2019) ANALISIS STABILITAS LERENG DENGAN MENGGUNAKAN SIMPLIFIED BISHOP METHOD DAN PERKUATAN GEOTEKSTIL DENGAN MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PLAXIS (Studi Kasus Jalan Cepresan-Kemusu Kabupaten Boyolali) ANALYSIS OF SLOPE STABILITY USING SIMPLIFIED BISHOP METHOD AND STRENGTHENING GEOTEXTILE USING PLAXIS SOFTWARE (Case Study of Jalan Cepresan-Kemusu, Boyolali Regency). Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Irsyad.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Longsoran merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi pada lereng-lereng alami maupun buatan. Kelongsoran lereng kebanyakan terjadi pada saat musim penghujan, dikarenakan air hujan dapat mempengaruhi karateristik tanah. Jalan Cepresan Kemusu, Kabupaten Boyolali mengalami kelongsoran, sehingga jalan dapat amblas. Tujuan penelitian ini adalah melihat faktor keamanan (safety factor) lereng dan faktor lain yang mempengaruhi stabilitas lereng tersebut. Berdasarkan masalah tersebut, maka perlu dilakukan analisis potensi kelongsoran pada lereng Jalan Cepresan Kemusu, Kabupaten Boyolali pada kondisi lereng asli dan kondisi setelah lereng menggunakan perkuatan geotekstil. Analisis stabilitas lereng asli menggunakan perhitungan manual simplified bishop method dan menggunakan program Plaxis. Dengan menggunakan beban kendaraan 12 kN/m2. Hasil analisis pada lereng asli dengan menggunakan perhitungan manual simplified bishop method didapatkan nilai safety factor sebesar 1.39, sedangkan menggunakan program Plaxis didapatkan nilai safety factor sebesar 1.0535, kedua nilai tersebut <1.5 maka dapat dikatakan lereng dalam kondisi tidak aman. Dilakukan perkuatan dengan menggunakan geotekstil didapatkan nilai safety factor sebesar 1.5875 pada plaxis dan 1.586 pada perhitungan simplified bishop method, nilai tersebut >1.5, maka dapat dikatakan lereng dalam kondisi aman. Kata kunci: Lereng, geotekstil, safety factor, Plaxis ABSTRACT Avalanches are one of the natural disasters that often occur on natural and artificial slopes. The slope landslides occur mostly during the rainy season, because rainwater can affect soil characteristics. Jalan Cepresan Kemusu, Boyolali Regency experienced a landslide, so the road could collapse. The purpose of this study was to look at the safety factor (slope safety) and other factors that affect the stability of the slope. Based on these problems, it is necessary to analyze the potential of landslides on the slopes of Jalan Kemeru Cepresan, Boyolali Regency on the condition of the original slopes and conditions after the slopes using geotextile reinforcement. The original slope stability analysis uses a manual calculation of the simplified bishop method and uses the Plaxis program by using a vehicle load of 12 kN / m2. The results of the analysis on the original slope using manual simplified bishop method calculations obtained the value of safety factor of 1.39, while using the Plaxis program the value of the safety factor was 1.0535, the two values were <1.5, it could be said that the slope was unsafe. The geotextile reinforcement was obtained by the safety factor value of 1.5875 on plaxis and 1.586 in the calculation of the simplified bishop method, the value is> 1.5, so that the slope can be said to be safe. Keywords: Slope, geotextile, safety factor, Plaxis   DAFTAR PUSTAKA Astuti, F.R.F. 2016. Analisa Stabilitas Lereng dengan Menggunakan Simplified Bishop Method Kasus Kelongsoran Ruas Jalan Batas Kota Liwa-Simpang Gunung Kemala STA. 263+650, Bukit Barisan Selatan Lampung Barat. Tugas Akhir. Universitas Lampung. Bahalwan, A.H. 2018. Analisis Stabilitas Lereng dengan Perkuatan Geotekstil Pada Lereng. Tugas Akhir. Universitas Islam Indonesia. Bowles, J.E. (1977;1996). Physical and Geotechnical Properties of Soils, McGraw-Hill Book Company, USA. Brinkgreve, R.B.J. 2007. Plaxis 2D – Versi 8. Delf University of Technology. Belanda. Chasanah, U. 2012. Analisis Stabilitas Lereng dengan Menggunakan Perkuatan Geotekstil Menggunakan Program Geoslope. Tugas Akhir. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Coduto, D.P. 1998. Geotechnical Engineering Principles and Practices. Prentice-Hall, Inc. New Jersey. Das, B.M. 1995. Mekanika Tanah (Prinsip-Prinsip Rekayasa Geoteknis). 1st Ed. Erlanga. Jakarta. Das, B.M. 1995. Mekanika Tanah (Prinsip-Prinsip Rekayasa Geoteknis). 2nd Ed. Erlangga. Jakarta. Das, B.M. 2010. Principal of Geotechnical Engineering. 7nd ed, Cengange Learning, USA. Das, B.M. 1994. Principles of Geotechnical Engineering. International Thomson Publishing, 3rd Ed. Departemen Pekerjaan Umum. 2002. Panduan Geoteknik 4 Desain dan Konstruksi. Jakarta. Departemen Pekerjaan Umum. 2009. Perencanaan dan Pelaksanaan Perkuatan Tanah dengan Geosintetik. Jakarta. Departemen Pekerjaan Umum Boyolali. 2017. Laporan Hasil Penyelidikan Tanah. Abiseka Niti Buana. Boyolali. Fauzi, M.B. 2018. Analisa Stabilitas Lereng dan Penanggulangan Kelongsoran Lereng Kabupaten Magelang. Tugas Akhir. Universitas Teknologi Yogyakarta. Fitradi, N.I. 2019. Analisis Stabilitas Lereng dengan Perkuatan Geotekstil dan Turap Beton Menggunakan Program Plaxis. Tugas Akhir. Universitas Islam Indonesia. Han, J. 1964. Principles and Practices of Ground Improvement, John Wiley-sons, inc. New Jersey. Hardiyatmo, H.C. 2013. Geosintetik Untuk Rekayasa Jalan Raya Perancangan dan Aplikasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Hardiyatmo, H.C. 2010. Mekanika Tanah 1. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Hardiyatmo, H.C. 2012. Mekanika Tanah 2. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Indera, R.K. 2015. Analisis Stabilitas Lereng dan Perencanaan Soil Nailing dengan Software GeoStudio 2007. Tugas Akhir. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Octovian, C.P.R.T. 2014. Analisis Kestabilan Lereng dengan Metode Bishop. Tugas Akhir. Universitas Sam Ratulangi Manado. Pradhana, R. 2018. Analisis Stabilitas Lereng dengan Menggunakan Perkuatan Geotekstil. Tugas Akhir. Universitas Islam Indonesia. Saleh, T. 2018. Analisis Stabilitas Lereng Studi Kasus pada Tol Trans Sumatera. Tugas AKhir.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY
Date Deposited: 31 Jul 2019 02:24
Last Modified: 31 Jul 2019 02:24
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/3218

Actions (login required)

View Item View Item