Rahmadani, Sanya and Setiawan, Danny (2019) Analisis Keselamatan Jalan Terhadap Kegiatan Pengerukan Tebing Di Ruas Jalan Yogyakarta-Purworejo ANALYSIS OF ROAD SAFETY OF DRIED CLOTHING ACTIVITIES IN THE ROAD OF YOGYAKARTA-PURWOREJO. Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.
|
Text
SANYA RHMADANI_5150811141_ABSTRACT (1).pdf Download (121kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Ruas jalan Yogyakarta - Purworejo adalah jalan yang digunakan sebagai akses penghubung utama kota Purworejo yang merupakan perbatasan Provinsi Jawa Tengah bagian timur dengan Provinsi DIY bagian paling barat. Jalan ini sangat berpengaruh karena termasuk dalam kategori kelas I yaitu jalan nasional dengan lebar 7 meter dan menjadi akses jalan utama penghubung antar provinsi sehingga perlu diperhatikan keadaannya.Adanya proyek pengerukan tebing pada ruas jalan ini dimana pada penelitian ini meninjau pada CV CAHAYA INDRA LAKSANA yang dilakukan untuk men-supply material ke bandara NYIA yang menjadikan jalan dilewati berbagai kendaraan berat dengan muatannya membuat terjadinya kerusakan pada jalan ini.Akibat dari kerusakan jalan yang terjadi, aspek keselamatan dari seluruh kegiatan pengerukan tebing ini juga menjadi faktor yang dianalisis dalam penelitian. Analisis keselamatan jalan terhadap kerusakan mengacu pada UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan MKJI 1997.Analisis yang dilakukan pada penelitian ini dimulai dari analisis kerusakan jalan yang di analisis menggunakan metode PCI (Pavement Conditional Index), kemudian perhitungan LHR yang didapatkan dari hasil survei oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo dengan hasil nilai kapasitas jalan. Analisis yang terakhir merupakan analisis keselamatan yang didapatkan dari tinjauan kerusakan jalan. Hasil perhitungan didapatkan kategori kerusakan yang terjadi pada ruas jalan Yogyakarta – Purworejo Km 49 – 50 sebesar 57,7 yang berarti masuk ke dalam kategori good atau baik sehingga dibutuhkan jenis penangan yaitu penambalan dan pemberian lapis tambahan. Pada proyek yang ditinjau, proyek tersebut melakukan penditribusian material muatan berupa tanah urug berupa tanah andesit yang per harinya dapat mengangkut muatan sebesar 7 rit per kendaraan pada bulan puncak yaitu Februari.Muatan diangkut menggunakan dumb truck index kecil dan indextronton dengan jarak antara proyek pengerukan ke tujuan yaitu bandara NYIA adalah sejauh 7 kilometer. Kata kunci: distribusi perjalanan, kerusakan jalan, keselamatan jalan, metode PCI Abstract Yogyakarta - Purworejo road section is the road used as access to the main connection of the city of Purworejo which is the border of the eastern part of Central Java Province and the westernmost DIY province. This road is very influential because it is included in the category of class I, which is a national road with a width of 7 meters and is the main access road for inter-provincial connections so it needs to be considered. The existence of a cliff dredging project on this road section where in this study reviewed the CV CAHAYA INDRA LAKSANA conducted to supply material to the NYIA airport which made the road passed by various heavy vehicles with its cargo causing damage to this road. As a result of road damage that occurred, the safety aspects of all the dredging activities of the cliff are also the factors analyzed in the study. Road safety analysis for damage refers to Law Number 22 Year 2009 Concerning Road Traffic and Transport and MKJI 1997. The analysis conducted in this study starts from the analysis of road damage analyzed by using the PCI (Pavement Conditional Index) method, then the LHR calculation from the results of a survey by the Purworejo District Transportation Department with the results of the value of road capacity. The final analysis is a safety analysis obtained from a road damage review. The calculation results obtained the category of damage that occurred on the road section Yogyakarta - Purworejo Km 49 - 50 amounted to 57.7 which means it is included in the category of good so it takes the type of handler that is patching and giving additional layers. In the project under review, the project distributes cargo material in the form of a landfill in the form of andesite soils which can transport a load of 7 rits per vehicle in the peak month of February. The cargo is transported using a small dumb truck index and a tronton index with the distance between the dredging project to the destination that is the NYIA airport is 7 kilometers. Keywords: travel distribution, road damage, road safety, PCI metho
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY |
Date Deposited: | 04 Nov 2019 03:41 |
Last Modified: | 04 Nov 2019 03:41 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/4223 |
Actions (login required)
View Item |