The Design of the Ginzberg Tentative Phase Understanding Interactive Module for Class XII Students at SMK N 1 Godean

Septia, Inna Wahyu (2020) The Design of the Ginzberg Tentative Phase Understanding Interactive Module for Class XII Students at SMK N 1 Godean. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Inna wahyu septia.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Optimalisasi kompetensi peserta didik dalam menyiapkan karir di masa depan menjadi salah satu concern bimbingan konseling khususnya pelaksanaan layanan bimbingan karir. Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling karir tidak lepas dari suatu media pembelajaran yang dapat membantu individu dalam mengoptimalkan potensi diri, sehingga diharapkan dapat tercapainya suatu potensi diri dari individu yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini. Penggunaan media dalam layanan bimbingan konseling dapat digunakan sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi sehingga lebih memudahkan dalam proses layanan bimbingan karir. Penggunaan media dalam pelaksanaan layanan bimbingan karir di SMK N 1 Godean mayoritas adalah media nondigital seperti brosur, modul, leaflet, booklet, poster, sehingga media tersebut tidak dapat tersampaikan secara baik karena guru BK tidak ada jam masuk kelas, serta menggunakan biaya banyak ketika diproduksi dalam skala besar. Media nondigital disekolah terdiri dari power point dan video pembelajaran yang dirasa masih kurang optimal. 73% peserta didik membutuhkan media digital yang bersifat interaktif. Permasalahan peserta didik kelas XII adalah 71% peserta didik belum memiliki pemahaman tahap tentative yang baik, idealnya menurut Ginzberg peserta didik usia 16-17 tahun sudah pada tahap tentative dimana peserta didik sudah mengenal secara vokasional pada aspek minat, kapasitas diri, nilai-nilai dalam suatu karir, dan realisasi karir. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development). Prosedur penelitian menggunakan prosedur penelitian Sugiyono, 2016. Tahapan penelitian ini hanya pada sampai uji produk, tidak sampai dengan menguji efektivitas produk. Tahapan pengembangan ini meliputi, 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan layanan bimbingan karir disekolah dan merancang sebuah modul interaktif yang dapat digunakan peserta didik dalam menangani permasalahan karir dan juga membantu guru BK memberikan layanan bimbingan karir. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XII di SMK N 1 Godean. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 76 Responden dengan teknik Random Sampling. Pengujian kelayakan produk diuji oleh 1) Uji Validasi Ahli Materi, 2) Uji Validasi Ahli Media, 3) Uji Produk. Berdasarkan hasil penelitian dari Validator ahli materi didapatkan hasil 90% dengan kategori Sangat Layak , dan validator ahli media didapatkan hasil 68% dengan kategori Layak , berdasarkan uji coba produk didapatkan hasil 79% dengan kategori Layak . maka dapat disimpulkan bahwa modul interaktif dikatakan Layak sebagai media dalam membantu peserta didik memahami fase tentative. Saran dalam perancangan modul interaktif adalah untuk mengintegrasikan pada jaringan internet sehingga dapat digunakan oleh pengguna jarak jauh. Kata kunci: Modul, Multimedia Interaktif, Fase Tentative Ginzberg

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul, Multimedia Interaktif, Fase Tentative Ginzberg
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Kaprodi S1 Bimbingan Konseling UTY
Date Deposited: 23 Sep 2020 06:02
Last Modified: 23 Sep 2020 06:02
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/5165

Actions (login required)

View Item View Item