Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pemrograman Dasar Kelas X SMK (Studi Kasus: SMK Negeri 1 Godean)

Maryani, Lely (2020) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pemrograman Dasar Kelas X SMK (Studi Kasus: SMK Negeri 1 Godean). Skripsi thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lely Maryani.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi memiliki pengaruh yang cukup besar di bidang pendidikan. Dibidang pendidikan handphone banyak digunakan sebagai media pembelajaran, sehingga perlu adanya media pembelajaran berbasis android yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan rasa ingin tahu, minat dan ketertarikan siswa sehingga siswa dapat memahami materi pembelajaran yang disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan multimedia interaktif berbasis android, (2) mengetahui tingkat kelayakan multimedia interaktif berbasis android sebagai media pembelajaran pemrograman dasar, (3) mengetahui efektivitas penggunaan multimedia interaktif berbasis android sebagai media pembelajaran pemrograman dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap utama, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Pengembangan multimedia interaktif ini menggunakan software Adobe Flash CS 6 dengan Action Script 3.0. Uji kelayakan dilakukan dengan alpha testing dan beta testing. Alpha testing dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Beta testing dilakukan oleh pengguna, yaitu siswa kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Godean. Uji efektifitas dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan multimeda interakif. Data uji efektivitas diperoleh dari hasil tes kognitif yang diberikan kepada kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan multimedia interaktif berbasis android: (1) hasil uji kelayakan alpha testing yang dilakukan oleh ahli media diperoleh skor 80,5% dengan kategori “Sangat layak”, ahli materi diperoleh skor sebesar 77,7% dengan kategori “Layak”. Hasil uji kelayakan beta testing yang dilakukan oleh pengguna/siswa diperoleh skor sebesar 83% dengan kategori “Sangat layak”. (2) hasil uji efektivitas menyatakan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis android mata pelajaran pemrograman dasar efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Multimedia Interaktif, Android, Pemrograman Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Android, Pemrograman Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: sutarman .
Date Deposited: 25 Sep 2020 01:50
Last Modified: 25 Sep 2020 01:50
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/5248

Actions (login required)

View Item View Item