Pengembangan Media Pembelajaran Simulasi Perakitan Komputer Berbasis Augmented Reality Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X (Studi Kasus di SMK N 1 Pleret)

Sofian, Sophan (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Simulasi Perakitan Komputer Berbasis Augmented Reality Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X (Studi Kasus di SMK N 1 Pleret). Skripsi thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sophan Sofian.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran simulasi perakitan komputer berbasis Augmented Reality mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X SMK N 1 Pleret. Pengembangan media pembelajaran simulasi perakitan komputer diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang dapat membantu baik guru terlebih siswa dalam memepelajari atau mengenal komponen perangkat keras komputer serta cara dalam merakitnya. Jenis penelitian yang digunkan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Allesi dan Trollip. Pada tahap pengembangan dibutuhkan beberapa tools yaitu Unity 3D dan Vuforia SDK sebagai tools utama, kemudian tools pendukung lainnya seperti SDK Android, JDK, CorelDraw X7 dan Blender. Hasil penelitian ini adalah berupa sebuah aplikasi media pembelajaran simulasi perakitan komputer berbasis Augmented Reality mata pelejaran komputer dan jaringan dasar kompetensi dasar perakitan komputer kelas X jurusan TKJ. Media pembelajaran ini telah layak dan efektif digunakan setelah dilakukan serangkaian pengujian. Pengujian pertama oleh ahli materi mendapat nilai rata-rata 80,03% atau dalam kategori sangat layak. Penilaian ahli materi mendapat nilai rata-rata 98% atau dalam kategori sangat layak. Penilaian siswa mendapat nilai rata-rata 85,5% atau dalam kategori sangat layak. Sehingga dari segi kelayakan, media pembelajaran ini sangat layak digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Sedangkan dari segi efektivitas media, mendapat nilai rata-rata N-Gain Score 58% atau dalam kategori cukup efektif. Sehingga media pembelajaran simulasi perakitan komputer berbasis Augmented Reality cukup efektif digunakan sebagai alat bantu pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality (AR), Simulasi Perakitan Komputer, Efektivitas

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality (AR), Simulasi Perakitan Komputer, Efektivitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: sutarman .
Date Deposited: 25 Sep 2020 01:57
Last Modified: 25 Sep 2020 01:57
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/5250

Actions (login required)

View Item View Item