PENERAPAN METODE HYBRID PADA PERANCANGAN EDUECOTOURISM CENTER DI KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL

Budiarti, Ratika Dian and Wirasmoyo, Wiliarto (2020) PENERAPAN METODE HYBRID PADA PERANCANGAN EDUECOTOURISM CENTER DI KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
91. 5160911180-RATIKA DIAN BUDIARTI.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor strategis di Kabupaten Bantul. Selain sebagai lokomotif penggerak peningkatan perekonomian masyarakat, sektor ini juga memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kecamatan Pajangan memiliki potensi wisata berupa potensi alam, potensi kerajinan, kuliner dan lainnya yang dapat dikelola dan dikembangan. Berbagai macam kerajinan dan potensi lainnya kurang dikembangkan dan belum mempunyai wadah untuk menampung potensi yang ada. Berangkat dari permasalahan ini, muncul suatu pemikiran untuk menciptakan suatu tempat dimana dapat menjadi wadah untuk menampung potensi – potensi yang ada di Kecamatan Pajangan. Wadah untuk potensi – potensi tersebut berupa UMKM dan Edukasi, Kuliner, Gallery, Galmcamping, dan edukasi lain berupa flora dan faunan. Metode yang digunakan dalam perancangan Eduecotourism Center ini adalah Architecture Hybrid. Pemilihan metode Architecture Hybrid karena pada perancangan akan diterapkan konsep perpaduan ecotourism, education, dan economics, serta memadukan konsep arsitektur lokal dan arsitektur kontemporer. Kata kunci: Center, Eduecotourism, Hybrid, Pariwisata. ABSTRACT The tourism sector is one of the strategic sectors in Bantul Regency. Apart from being a locomotive for the improvement of the people's economy, this sector also contributes to Regional Original Income (PAD). Pajangan District has tourism potential in the form of natural potential, craft potential, culinary and others that can be managed and developed. Various kinds of crafts and other potentials are underdeveloped and do not have a place to accommodate the existing potential. Departing from this problem, an idea emerged to create a place which could be a place to accommodate the potentials that exist in Pajangan District. The containers for these potentials are in the form of UMKM and Education, Culinary, Gallery, Galmcamping, and other education in the form of flora and fauna. The method used in the design of the Eduecotourism Center is the Hybrid Architecture. The choice of the Hybrid Architecture method is because in the design a combination of ecotourism, education, and economics will be applied, as well as combining local architectural concepts and contemporary architecture. Keywords: Center, Eduecotourism, Hybrid, Tourism.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 28 Sep 2020 08:26
Last Modified: 28 Sep 2020 08:26
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/5392

Actions (login required)

View Item View Item