PERANCANGAN SISTEM PEMASARAN E-COMMERCE BERDASARKAN MARKETING MIX PADA RUMAH MAKAN BEBEK BU WIT

Septian Syah, Fajar and Widya, Setiafindari (2020) PERANCANGAN SISTEM PEMASARAN E-COMMERCE BERDASARKAN MARKETING MIX PADA RUMAH MAKAN BEBEK BU WIT. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5160611002 Fajar Septian Syah.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Keberadaan internet memberikan konsekuensi tidak hanya pada perubahan biaya hidup modern namun juga merubah perilaku individu dalam melakukan aktivitas pembelian produk barang dan/ atau jasa secara daring (online). Rumah makan Bebek Bu Wit melakukan proses produksi rata-rata 252 kg perbulan dan rata-rata produk yang terjual sebanyak 180 kg perbulan, artinya terdapat 28,6 % produk perbulan yang tidak terjual yang menyebabkan kerugian. Permasalahan yang timbul di Rumah Makan Bebek Bu Wit yaitu sistem promosi yang belum efektif karena sistem yang terjadi hanya mulut ke mulut, maka dari itu Rumah Makan Bebek Bu Wit berupaya memperbaiki dan memperluas sistem pemasaran dan promosi dengan menggunakan media online. Pada penelitian ini dikembangkan penerapan sistem pemasaran e-commerce berdasarkan bauran marketing mix 4P pada produk bebek bu wit. Penggunaan alat analisis tersebut untuk menganalisis cara meningkatkan volume penjualan yang tepat. Tujuanya untuk menentukan variabel yang paling berpengaruh sehingga dapat meningkatkan kuantitas penjualan produk dan menganalisis cara meningkatkan volume penjualan yang tepat melalu pemasaran media online berdasarkan bauran marketing mix. Pada hasil pengujian skoring skala likert terhadap kepuasan konsumen yang menyatakan sangat setuju dan setuju adalah variabel produk, variabel harga, dan variabel lokasi. Variabel yang paling berpengaruh adalah variabel promosi dengan nilai pengujian skoring hanya mendapatkan bobot 1,7 dan 1,75, artinya konsumen sangat tidak puas terhadap sistem promosi yang dilakukan. Rumah Makan Bebek Bu Wit sebelum adanya pemasaran online dapat menjual rata rata 725 porsi bebek goreng dan 729 porsi bebek bakar, dengan menggunakan pemasaran online berdasarkan bauran marketing mix angka penjualan di bulan berikutnya mengalami kenaikan rata rata 900 porsi bebek goreng atau sekitar 24% dan 950 porsi bebek bakar atau sekitar 30%. Kata kunci: Intenet, E-Commerce, Marketing Mix ABSTRACT Internet has made changes not only in the modern lifestyle, but also changes in individual behavior in buying goods and / or services by online. Bu Wit duck restaurant average production process is 252 kg per month and 180kg average products are sold per month, meaning that 28.6% of unsold products per month cause losses. The problem that arises in Bu Wit Duck Restaurant is that promotion system is not effective yet because it is only word of mouth. Therefore, Bu Wit Duck Restaurant tries to improve and expand marketing and promotion system using online media. In this study, application development of an e-commerce marketing system is based on 4P marketing mix in duck product. The tool is used to analyze the right way to increase sales volume. The purpose is to determine the most influential variables, so that, it will increase product sales quantity and to analyze how to increase the right sales volume through online media marketing based on marketing mix. On the results, in Likert scale scoring test toward customer satisfaction, it states that they strongly agree and agree on product variable, price variable, and location variable. The most influential variable is promotion variable with scoring test for only 1.7 and 1.75 score, meaning that consumers are very dissatisfied with the promotion system implemented. Before online marketing, Bu Wit's Duck Restaurant could sell 725 average portions of fried duck and 729 portions of roasted duck, using online marketing based on the marketing mix, the sales gross in the following months increased 900 average portions in fried duck or around 24% and 950 portions of roasted duck or about 30%. Keywords: Internet, E-Commerce, Marketing Mix

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Industri UTY
Date Deposited: 28 Sep 2020 08:09
Last Modified: 28 Sep 2020 08:09
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/5415

Actions (login required)

View Item View Item