ANALISIS PENGARUH KETIDAKSEIMBANGAN BEBAN TERHADAP LOSSES DAN EFISIENSI TRANSFORMATOR DISTRIBUSI

Arifin, Muh and Alfi, Ikrima (2017) ANALISIS PENGARUH KETIDAKSEIMBANGAN BEBAN TERHADAP LOSSES DAN EFISIENSI TRANSFORMATOR DISTRIBUSI. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muh Arifin_5130711012.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Di dalam suatu industri tentunya sangat bergantung pada keandalan dan efisiensi sistem kelistrikan pada industri tersebut. Salah satu persyaratan keandalan sistem penyaluran tenaga listrik yang harus dipenuhi untuk pelayanan kepada konsumen adalah kualitas tegangan yang baik dan stabil, karena meskipun kelangsungan catu daya dapat diandalkan, namun belum tentu dapat untuk mempertahankan tegangan tetap pada sistem distribusi karena tegangan jatuh akan terjadi disemua bagian sistem dan akan berubah dengan adanya perubahan beban. Dalam menganalisis masalah menggunakan model matematis dengan bantuan perangkat lunak Matlab meliputi persamaan beban puncak, ketidakseimbangan beban, rugi-rugi akibat arus netral, efisiensi trafo serta perhitungan kerugian ekonominya. Dari hasil analisi didapatkan bahwa rata-rata trafo yang berada di Rayon Kota Yogyakarta mengalami ketidakseimbangan beban dengan persentase pembebanan 55,1231% pada waktu beban puncak, persentase ketidakseimbangan beban sebesar 38,9112% dengan total kerugian akibat arus netral sebesar 6,2843 kW sehingga kerugian ekonomi pada pihak PLN sebesar Rp 221301,6256 per hari, sedangkan untuk efisiensinya sebesar 99.259%. Kata kunci: Transformator Distribusi, Ketidakseimbangan Beban, Arus Netral, Efisiensi

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro > S1 Teknik Elektro
Depositing User: UTY MS Hendriyawan Achmad
Date Deposited: 04 Jan 2018 09:33
Last Modified: 04 Jan 2018 09:33
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item