EVALUASI KINERJA STASIUN KERETA API KOTA KEBUMEN BERDASARKAN SPM K.A dan IPA (IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS) PERFORMANCE EVALUATION OF THE TRAIN STATION IN KEBUMEN BASED ON SPM K.A and IPA (IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS)

Sutarno, Dede and Susilo, Dibyo (2019) EVALUASI KINERJA STASIUN KERETA API KOTA KEBUMEN BERDASARKAN SPM K.A dan IPA (IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS) PERFORMANCE EVALUATION OF THE TRAIN STATION IN KEBUMEN BASED ON SPM K.A and IPA (IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS). Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.

[img] Text
5130811083_Dede Sutarno.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Stasiun Kebumen (KM) adalah stasiun kereta api kelas 1 yang terletak di desa Panjer, Kebumen. Stasiun yang terletak pada ketinggian +21 meter ini termasuk dalam daerah operasi (DAOP) V Purwokerto. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan masih banyak calon penumpang mengeluh mengenai pelayanan yang diberikan oleh stasiun, seperti masih banyaknya penumpang yang tidak kebagian tempat duduk di ruang tunggu, panjangnya antrian di loket, ketersediaan ruang parkir yang masih kurang memadai. Maka tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengevaluasi kinerja dan sebagai rujukan untuk arah perbaikan Stasiun Kereta Api Kota Kebumen.Standar Peraturan Minimum yang digunakan adalah sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan nomor : PM. 48 tahun 2015, dari peraturan inilah didapatkan poin untuk pertanyaan kuisioner dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan metode IPA (Importance-Performance Analysis). Data primer yang didapatkan adalah data penilaian tingkat kinerja dan tingkat harapan pada fasilitas dan pelayanan di Stasiun Kota Kebumen. Data sekunder yang diperlukan adalah data jadwal kereta api, jumlah penumpang dan denah stasiun.Hasil dari evaluasi kinerja pelayanan dan fasilitas menunjukkan tingkat kesesuain antara kinerja dengan tingkat harpan sebesar 49,32 %, artinya bahwa pengguna jasa stasiun kereta api kota Kebumen belum cukup puas dengan pelayanan yang diberikan oleh stasiun. Berdasarkan hasil dari analisistersebut maka diperlukan evaluasi perbaikan pelayanandiantaranya : penempatan papan informasi mengenai tarif ,stasiun keberangkatan,kelas pelayanan untuk lebih diperjelas dan penempatannya diatur lebih strategis,perbaikan pada kualitas pengeras suara, penambahan kapasitas tempat duduk pada ruang tunggu luar,mengevaluasi kebutuhan lahan parkir untuk mengatasi kekurangan kapasitas lahan parkir yang ada sekarang dengan memaksimalkan area disebelah barat parkiran sepeda motor dan memperluas area parkiran mobil,. Kata kunci : Evaluasi, kinerja, stasiun kereta api, SPM, IPA ABSTRACT Kebumen Station (KM) is a first-class train station located in the village of Panjer, Kebumen. The station which is located at a height of +21 meters is included in the Purwokerto V operational area (DAOP). Based on observations there are still many potential passengers complaining about the services provided by the station, such as the many passengers who do not get a seat in the waiting room, the length of the queue at the ticket window, and the availability of parking spaces that are still inadequate. So the purpose of writing this final project is to evaluate the performance and as a reference for the direction of repairing the Kebumen Railway Station. The Minimum Rules used are in accordance with the Minister of Transportation's Regulation number: PM. 48 of 2015, and from this regulation points were obtained for the questionnaire by taking a sample of 100 respondents. Data analysis uses the IPA (Importance-Performance Analysis) method. The primary data obtained is the assessment of the level of performance and expectations of the facilities and services at Kebumen Station. Secondary data needed is train schedule data, number of passengers and station plans. The results of the evaluation of the performance of services and facilities show the level of conformity between performance with a level of expectation of 49.32%, meaning that users of the Kebumen Railway Station services have not been sufficiently satisfied with the services provided by the station. Based on the results of the analysis it is necessary to evaluate service improvements including: placement of information boards on rates, departure stations, service classes to be more clarified and placement more strategic, improvements to the quality of loudspeakers, additional seating capacity in outdoor waiting areas, evaluating the need for parking spaces for overcome the current lack of parking capacity by maximizing the area to the west of the motorcycle parking area and expanding the car park area. Keywords: Evaluation, performance, Railway Station, SPM, IPA

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY
Date Deposited: 13 Oct 2020 03:08
Last Modified: 13 Oct 2020 03:08
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/5766

Actions (login required)

View Item View Item