PENGARUH MODIFIKASI ASPAL BUTON KADAR 8%, 8,5% PADA CAMPURAN ASPAL MINYAK AC-WC TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL EFFECT OF BUTON ASPHALT MODIFICATION LEVELS 8%, 8.5% ON MIXED AC-WC OIL ASPHALT AGAINST MARSHALL'S CHARACTERISTICS

Prasetya, Jaka and Setiawan, Danny (2020) PENGARUH MODIFIKASI ASPAL BUTON KADAR 8%, 8,5% PADA CAMPURAN ASPAL MINYAK AC-WC TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL EFFECT OF BUTON ASPHALT MODIFICATION LEVELS 8%, 8.5% ON MIXED AC-WC OIL ASPHALT AGAINST MARSHALL'S CHARACTERISTICS. Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5150811249_Jaka Prasetya.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aspal sebagai bahan pengikat merupakan material penting dalam konstruksi perkerasan jalan. Perkerasan di Indonesia sebagian besar menggunakan aspal penetrasi 60/70. Kelemahan aspal konvensional salah satunya yaitu tidak mampu menahan beban lalu lintas berlebih dan temperatur tinggi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatan kualitas aspal adalah dengan menambahkan Asbuton butir tipe B 50/30 sebagai bahan tambah pada campuran aspal AC-WC. Asbuton berfungsi mengurangi pemakaian aspal minyak dan juga sebagai bahan pengisi campuran (filler). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui bagaimana kualitas aspal beton menggunakan bahan tambah Asbuton butir tipe B 50/30 dan jika diuji dengan metode Marshall. Penelitian ini merupakan sebuah eksperimen. Penelitian ini menggunakan Asbuton butir tipe B 50/30 sebagai bahan tambah dengan variasi kadar 0%, 8%, 8,5% dari berat total campuran. Masing-masing variasi dibuat dengan 3 sampel benda uji dengan notasi (TA1 0%, TA2 0%, TA3 0%, TA1 8%, TA2 8%, TA3 8%, TA1 8,5%, TA2 8,5%, TA3 8,5%). Jumlah semua benda uji yang dibuat adalah 9 benda uji. Pembuatan benda uji ini menggunakan campuran Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) kemudian diuji menggunakan metode Marshall untuk VIM, VMA, VFA, flow, stabilitas dan MQ (Marshall Quotient). Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan kadar bahan tambah Asbuton butir tipe B 50/30 mempengaruhi nilai karakteristik aspal pada pengujian Marshall. Penambahan Asbuton pada campuran menunjukkan peningkatan dari beberapa nilai karakteristik Marshall. Peningkatan nilai yang paling baik adalah pada kadar 8,5%, karena pada saat itu nilai stabilitas Marshall mengalami kenaikan yang sangat tinggi yaitu dari 1407,537 kg menjadi 2201,773 kg. Sedangkan untuk nilai kepadatannya sebesar VIM 4,762%, VMA 18,396%, VFA 74,115%, flow 3,200 mm serta MQ 688,042 kg/mm. Kata kunci: AC-WC (Asphalt Concrete-Wearing Course), Asbuton Butir, Aspal, Marshall Abstract Asphalt as a binding material is an important material in road pavement construction. Pavement in Indonesia mostly uses asphalt penetration 60/70. One of the weaknesses of conventional asphalt is that it is unable to withstand excessive traffic loads and high temperatures. One way that can be done to improve the quality of asphalt is to add Asbuton type B 50/30 grains as an additive to the AC-WC asphalt mixture. Asbuton has the function of reducing the use of oil asphalt and also as a filler material (filler). This research was conducted with the aim of knowing how the quality of asphalt concrete using Asbuton added material type B 50/30 grains and if tested with the Marshall method. This research is an experiment. This study used Asbuton type B 50/30 as an added ingredient with a variation of 0%, 8%, 8.5% of the total weight of the mixture. Each variation was made with 3 sample specimens with notation (TA1 0%, TA2 0%, TA3 0%, TA1 8%, TA2 8%, TA3 8%, TA1 8.5%, TA2 8.5%, TA3 8.5%). The total number of test specimens made is 9 test specimens. The making of this test object uses a mixture of Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) and then tested using the Marshall method for VIM, VMA, VFA, flow, stability and MQ (Marshall Quotient). The results showed that the addition of Asbuton added content of type B 50/30 grains influenced the value of asphalt characteristics in Marshall testing. Addition of Asbuton to the mixture showed an increase in several Marshall characteristic values. The best increase in value was at 8.5%, because at that time the Marshall stability value had increased very high, from 1407,537 kg to 2201,773 kg. Whereas the value of density is 4,762% VIM, VMA 18,396%, VFA 74,115%, flow 3,200 mm and MQ 688,042 kg / mm. Keywords: AC-WC (Asphalt Concrete-Wearing Course), Asbuton Grain, Asphalt, Marshall

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY
Date Deposited: 14 Oct 2020 09:04
Last Modified: 14 Oct 2020 09:04
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/5869

Actions (login required)

View Item View Item