PERANCANGAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN BUSUR BAJA TIPE TIED ARCH BRIDGE BENTANG 60 M STUDI KASUS: JEMBATAN KALI PUTIH, MAGELANG STRUCTURE DESIGN OF STEEL ARC BRIDGE TIED ARCH BRIDGE TYPE FORM 60 M A CASE STUDY: KALI PUTIH BRIDGE, MAGELANG

Setiawan, Budi and Masagala, Algazt Aryad (2020) PERANCANGAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN BUSUR BAJA TIPE TIED ARCH BRIDGE BENTANG 60 M STUDI KASUS: JEMBATAN KALI PUTIH, MAGELANG STRUCTURE DESIGN OF STEEL ARC BRIDGE TIED ARCH BRIDGE TYPE FORM 60 M A CASE STUDY: KALI PUTIH BRIDGE, MAGELANG. Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5160811077_BUDI SETIAWAN.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jembatan merupakan suatu konstruksi yang berguna menunjang sarana transportasi sebagai penghubung antara kedua sisi jalan yang terputus karena rintangan dibawahnya. Jembatan existing Kali Putih berada di ruas jalan Srumbung-Jurangjero merupakan jembatan tipe Truss A-60 dengan bentang 60 meter, lebar 9,4 meter, dan tinggi rangka 6,4 meter. Jembatan existing rangka baja dibangun pada tahun 2019 dimana merupakan penggantian dari jembatan berstruktur girder. Jembatan Kali Putih direncanakan ulang menggunakan jembatan busur baja tipe Tied Arch Bridge dengan dimensi panjang serta lebar jembatan yang sama. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh hasil analisis struktur jembatan busur baja tipe Tied Arch Bridge, peraturan perancangan yang digunakan mengacu pada SNI 1725-2016 tentang Pembebanan Jembatan, SNI 2833-2016 tentang Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa, RSNI T-03-2005 tentang Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan, serta peraturan lain yang berkaitan dengan perencanaan jembatan busur baja. Dalam perencanaan ulang digunakan software SAP 2000 v.14 untuk analisa struktur serta software AutoCad 2013 untuk penggambaran DED. Didapatkan komponen struktur utama menggunakan material baja BJ 55 dengan tegangan leleh fy 410 MPa serta tegangan putus fu 550 MPa, sedangkan perencanaan slab lantai jembatan menggunakan material beton fc’ 25 MPa. Dari hasil perencanaan ulang Jembatan Kali Putih menggunakan jembatan busur baja tipe Tied Arch Bridge didapatkan dimensi profil baja arch rib dan chord tie beam BOX 1200.500.20.20, profil baja top bracing BOX 300.150.10.10, profil baja end cross girder IWF 700.300.13.24, profil baja cross girder IWF 900.300.16.28, profil baja stringers IWF 450.200.9.14, profil baja wind bracing IWF 200.200.8.12, dimensi hanger Ø40 mm, plat lantai kendaraan komposit tebal 20 cm dengan tulangan pokok Ø16-150 dan tulangan bagi Ø13-150, serta sambungan menggunakan baut mutu tinggi A-325. Didapatkan nilai lendutan terbesar berada di tengah bentang sebesar 0,057 m kurang dari lendutan ijin sebesar 0,075 m. Keywords: Jembatan, Perencanaan Ulang, Tied Arch Bridge. Abstract A bridge is a construction that is useful to support transportation facilities as a link between two sides of the road that is cut off due to certain obstacles. The existing Kali Putih bridge, located on the Srumbung-Jurangjero road section, is a Truss A-60 type bridge with a span of 60 meters, a width of 9.4 meters, and a frame height of 6.4 meters. The existing steel frame bridge was built in 2019 which was a replacement for a bridge with a girder structure. Kali Putih Bridge was re-planned to use a Tied Arch Bridge type steel arch bridge with the same dimensions of length and width of the bridge. The purpose of this research was to obtain the results of the analysis of the steel arch bridge structure type Tied Arch Bridge, the design regulations used referred to SNI 1725-2016 concerning Bridge Load, SNI 2833-2016 concerning Bridge Planning Against Earthquake Loads, RSNI T-03-2005 concerning Planning Steel Structures For Bridges, as well as other regulations related to the planning of steel arc bridges. In the re-planning, SAP 2000 v.14 software was used for structural analysis and AutoCad 2013 software for DED depiction. It was found that the main structural components used BJ 55 steel material with a yield stress of fy 410 MPa and a breaking stress of fu 550 MPa, while the slab design for the bridge deck used concrete material fc '25 MPa. From the results, the redesign of Kali Putih Bridge used a Tied Arch Bridge type steel arch bridge, the dimensions of the steel arch rib and chord tie beam BOX 1200.500.20.20, BOX 300.150.10.10 top bracing steel profiles, IWF 700.300.13.24 end cross girder steel profiles, steel cross girder IWF 900.300.16.28, steel profile stringers IWF 450.200.9.14, wind bracing profile IWF 200.200.8.12, hanger dimensions Ø40 mm, composite vehicle floor plate 20 cm thick with Ø16-150 core reinforcement and Ø13-150 reinforcement, and connections using high strength bolts A-325. It was found that the largest deflection value was in the middle of the span of 0.057 m, less than the allowable deflection of 0.075 m. Keywords: Bridges, Re-planning, Tied Arch Bridge

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY
Date Deposited: 21 Oct 2020 09:54
Last Modified: 21 Oct 2020 09:54
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/5973

Actions (login required)

View Item View Item