Perancangan Webtoon Tentang Motivasi Sebagai Media Bantu Dalam Bimbingan Kelompok Teknik Pemberian Informasi

Devi, Nita Ardiana Riska (2020) Perancangan Webtoon Tentang Motivasi Sebagai Media Bantu Dalam Bimbingan Kelompok Teknik Pemberian Informasi. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nita Ardiana Riska Devi.docx.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar merupakan faktor yang akan menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam proses belajarnya, setiap siswa mempunyai motivasi yang berbeda-beda, berbagai permasalahan muncul di dunia pendidikan karena rendahnya motivasi belajar siswa yang berdampak pada pencapaian hasil belajar siswa yang rendah. Partisipasi guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi permasalahan siswa sangat dibutuhkan seperti memberikan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan identifikasi masalah yang ada di SMK N 1 Godean. Ditemukan permasalahan terkait siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah dapat diketahui melalui hasil nilai belajar siswa, serta pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di SMK N 1 Godean belum terdapat layanan menggunakan aplikasi. Berdasarkan hasil survey melalui Google Forms didapatkan hasil prosentase 65,6% siswa gemar membaca webtoon, 81,1% siswa senang dengan bacaan cerita, 73,6% siswa senang dengan bacaan cerita dengan gambar seperti webtoon, 88,2% siswa membutuhkan media digital untuk meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development). Prosedur penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini bertujuan untuk merancang webtoon tentang motivasi sebagai media bantu dalam bimbingan kelompok teknik pemberian informasi, serta untuk mengetahui bagaimana hasil kelayakan uji ahli produk. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas XI berjumlah 360 siswa, sampel pada penelitian ini berjumlah 189 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling, namun tidak semua sampel bisa digunakan karena pada penelitian ini harus ada kriteria tertentu untuk dijadikan sampel. Kriteria yang digunakan dalam sampel pada penelitian ini yaitu: siswa yang mempunyai hasil belajar/ ranking yang rendah. Pengujian kelayakan produk diuji oleh 1) Uji Validasi Ahli Materi, 2) Uji Validasi Ahli media. Standar kelayakan yang digunakan dalam penelitian ini, dengan kategori < 40% Kurang layak, 40%-55% Cukup layak, 56%-75% Layak, 76%-100% Sangat layak. berdasarkan hasil uji validitas terhadap ahli materi didapatkan hasil 96% dengan kategori Sangat layak, dan uji validitas terhadap ahli media didapatkan hasil 93% dengan kategori Sangat layak. Maka dapat disimpulkan bahwa perancangan webtoon tentang motivasi sebagai media bantu dalam bimbingan kelompok teknik pemberian informasi sangat layak digunakan dan diuji coba kepada siswa setelah melewati beberapa tahapan. Kata kunci: Motivasi Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok, Webtoon Motivation to learn is a factor that will determine the level of student success in the learning process. Every student has different motivation. Various problems arise in the world of education due to low student motivation which results in low student achievement. The participation of guidance and counseling teachers in overcoming student problems is needed, such as providing group guidance services. This research was conducted based on the identification of problems in SMK N 1 Godean. The discovery of problems related to students who have low learning motivation can be seen through the results of student learning scores and the implementation of group guidance services at SMK N 1 Godean, there is no service using the application. Based on the results of a survey through Google Forms, the percentage results of 65.6% of students like reading webtoons, 81.1% of students are happy with reading stories, 73.6% of students are happy with reading stories with pictures such as webtoons, and 88.2% of students need media digital to increase motivation to learn. This research is a research R&D (Research and Development). This research procedure refers to the Borg and Gall research and development model. This study aims to design a webtoon about motivation as an assistive medium in the group guidance of information-giving techniques and to find out how the feasibility of product expert test results. The population in this study were all students of class XI totaling 360 students, with a sample of 189 students. The sampling technique in this study was carried out by purposive sampling technique, but not all samples can be used because in this study there must be certain criteria to be sampled. The criteria used in the sample in this study were students who had low learning outcomes / ranks. Product feasibility testing is tested by 1) Material Expert Validation Test, 2) Media Expert Validation Test. Eligibility standards used in this study, with the category <40% less feasible, 40% -55% quite feasible, 56% -75% feasible, 76% -100% very feasible. Based on the results of the validity test of the material experts, the results were 96% in the Very feasible category, and the validity test of the media experts was 93% with the Very feasible category. So it can be concluded that the design of the webtoon about motivation as an assistive media in group guidance, information giving techniques are very feasible to be used and tested on students after passing several stages .Keywords: Learning Motivation, Group Guidance Service, Webtoon

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok, Webtoon Learning Motivation, Group Guidance Service, Webtoon
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Kaprodi S1 Bimbingan Konseling UTY
Date Deposited: 23 Nov 2020 07:23
Last Modified: 23 Nov 2020 07:23
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/6105

Actions (login required)

View Item View Item