KURNIAWAN, ANDRI (2018) MOTIVASI KERJA GURU HONORER DALAM MENGAJAR DI SDN GONDOSARI III PACITAN. Tugas Akhir thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA.
Text
3. ANDRI KURNIAWAN.doc Download (31kB) |
Abstract
Dalam proses pendidikan, guru memegang faktor utama tumbuhnya pendidikan dangan tugasnya yakni sebagai seorang pendidik. Guru menjadi panutan dan ditiru oleh para muridnya baik dalam berkata maupun berperilaku. Selain itu, guru juga bertugas mengajarkan ilmu kepada muridnya. Tujuan penelian ini adalah Untuk mengetahui motivasi subjek menjadi guru honorer di SDN Gondosari III. Manfaat penelitian ini (1) penulis mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang selama ini diperoleh dibangku kuliah mengenai psikologi terutama yang berkaitan dengan psikologi pendidikan, (2) dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan bagi sekolah dapat memberikan apresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh guru honorer. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Motivasi kerja guru. Fokus penelitian ini adalah bagaimana motivasi kerja pada guru honorer. Sumber data yang dibutuhkan oleh peneliti guna mendapatkan informasi yaitu teknik sampling yang sering digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian kualitatif dari berbagai sumber, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang bermacam-macam (triangulasi). Uji keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi uji credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reliabilitas), dan confirmability (obyektivitas). Hasil penelitian diperoleh (1) administrasi dan kebijakan yang ada disekolah antara guru PNS dengan guru honorer adalah sama, (2) gaji setiap subjek tidak sama. Hal ini terhadi dikarenakan tugas dan tanggung jawab subjek tidak sama, (3) adanya hubungan kekeluargaan yang sangat baik. Guru honorer yang rata-rata masih muda sangat menghormati para guru senior, (4) kepala SDN Gondosari III merupakan orang yang bijaksana dan menerima masukan maupun kritikan dari bawahannya, (5) Lingkungan kerja yang kondusif dan kooperatif serta suasana yang menyenangkan membuat responden di tempat kerjanya, (6) Seorang guru harus bisa menarik simpati agar menjadi idola para siswa dan disukai sehingga siswa senang belajar dengan guru, (7) subjek diberikan kesempatan untuk maju seperti guru PNS, (8) Subjek melaksanakan semua yang telah menjadi tanggung jawabnya di dunia pendidikan, (9) Subjek merasa bangga atas keberhasilan anak didiknya dalam meraih cita-cita. Setiap anak mempunyai kemampuan yang berbeda-beda, (10) Keberhasilan melaksanakan tugas merupakan motivasi subjek untuk terus mengembangkan potensi diri subjek, menambah wawasan dan pengetahuan subjek baik melalui media massa maupun media elektronik. Kesimpulan penelitan ini adalah dalam hal administrasi dan kebijakan perusahaan atau lembaga sekolah semua subjek mematuhi dan mentaati peraturan yang sudah ditetapkan. Semua subjek menjalin hubungan yang baik antar warga sekolah, baik antar murid, wali murid, komite maupun rekan kerja. Kemajuan semua ekstrakurikuler yang ada, adalah hasil dari bimbingan semua subjek. Semua subjek membimbing dengan penuh tanggung jawab dan keseriusan, karena sesuai dengan bakat yang dimiliki. Di lingkungan kerja ini semua subjek merasa nyaman, senang dan tentram dalam bekerja, karena anak didik dan rekan kerja saling kerja sama dalam semua hal tentang kemajuan sekolah. Kata Kunci : Motivasi Kerja, Guru Honorer
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Kerja, Guru Honorer |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Humaniora > S1 Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UTY |
Date Deposited: | 05 Jan 2018 04:51 |
Last Modified: | 05 Jan 2018 04:52 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/634 |
Actions (login required)
View Item |