Peer Review Perancangan Permainan Edukatif Peningkatan Lifeskill Dan Hafalan Doa Sehari-Hari Menggunakan Arduino Nano

Vivianti, Vivianti and ratnawati, dwi (2019) Peer Review Perancangan Permainan Edukatif Peningkatan Lifeskill Dan Hafalan Doa Sehari-Hari Menggunakan Arduino Nano. Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Respati Yogyakarta, Seminar Nasional UNRIYO.

[img] Text
4_0001.pdf

Download (387kB)
Official URL: http://prosiding.respati.ac.id/index.php/PSN/artic...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah rancangan permainan edukasi anak yang dapat membantu anak belajar menghafal doa sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (RnD) hingga tahap perancangan atau desain produk. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan ide model permainan serta desain rangkaian elektronika permainan edukasi belajar doa sehari-hari bagi anak. Permainan edukasi ini didesain dengan memanfaatkan Arduino Nano sebagai mikrokontroler. Produk permainan edukasi untuk peningkatan lifeskill dan hafalan doa sehari-hari ini terdari 2 obyek yaitu produk utama dan obyek pembaca. Produk utama dari penelitian ini adalah sebuah mainan edukatif berbentuk rumah boneka dengan menggunakan Arduino Nano dan Reed Switch. Obyek pembaca merupakan sebuah obyek untuk bermain peran yang di dalamnya ditanam magnet neodymium. Produk permainan edukatif ini dapat mengeluarkan suara doa sehari-hari dan berbagai sound effect ketika obyek pembaca didekatkan ke Reed Switch.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: sutarman .
Date Deposited: 01 Mar 2021 10:42
Last Modified: 01 Mar 2021 10:42
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/6415

Actions (login required)

View Item View Item