Peer Review: IMPLEMENTASI ARDUINO NANO DAN REED SWITCH UNTUK PERMAINAN EDUKASI HAFALAN DOA ANAK USIA DINI

vivianti, vivianti and ratnawati, dwi (2019) Peer Review: IMPLEMENTASI ARDUINO NANO DAN REED SWITCH UNTUK PERMAINAN EDUKASI HAFALAN DOA ANAK USIA DINI. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Universitas Muria Kudus, Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Pendidikan.

[img]
Preview
Text
REFLEKSI EDUCATIKA.pdf

Download (500kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media belajar anak dalam bentuk permainan edukatif rumah boneka untuk hafalan doa sehari-hari dan pendidikan keterampilan hidup untuk anak usia dini. Metode pengembangan yang digunakan dalam pembuatan produk ini yaitu metode riset & pengembangan (R&D). Tahapan pengembangan yang dipakai dalam penelitian ini terdiri dari analisis kebutuhan, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, validasi produk, revisi dan uji coba produk. Subjek pada penelitian ini berjumlah 6 dengan objek penelitian doll house doa sehari-hari. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang diisi oleh wali. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil akhir produk berupa kit permainan edukasi rumah boneka yang terintegrasi dengan Arduino nano dan Reed switch. Produk dapat menghasilkan suara doa sehari-hari dan berbagai sound effect yang mendukung peningkatan kompetensi anak dalam hafalan doa sehari-hari dan pendidikan keterampilan hidup. Reed switch diletakkan pada bagian-bagian rumah boneka yang disetting untuk menghasilkan suara. Permainan edukasi ini disajikan satu paket dengan boneka muslimah yang didalamnya terdapat magnet. Ketika boneka mengenai Reed switch maka program pada Arduino nano akan memberi perintah pada DFPlayer mini untuk menyalakan suara doa maupun sound effect sesuai dengan kegiatan peran yang dilakukan anak.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: sutarman .
Date Deposited: 01 Mar 2021 10:38
Last Modified: 01 Mar 2021 10:38
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/6421

Actions (login required)

View Item View Item