Peer Review: Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Matakuliah Praktik Aplikasi Teknologi Informasi

ratnawati, dwi and vivianti, vivianti (2020) Peer Review: Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Matakuliah Praktik Aplikasi Teknologi Informasi. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta, JEE Jurnal Edukasi Elektro.

[img]
Preview
Text
JEE.pdf

Download (501kB) | Preview
Official URL: https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/article/vi...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang pelaksanaan pembelajaran praktikum secara daring di Universitas Teknologi Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penilaian persepsi dilakukan dengan mengacu pada 3 komponen yaitu: komponen proses belajar mengajar, komponen kemampuan dosen, serta komponen sarana dan prasarana. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner secara daring melalui Google Form kepada 168 mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah praktikum Aplikasi Teknologi Informasi di Universitas Teknologi Yogyakarta dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen proses belajar mengajar memperoleh tingkat persepsi sebesar 79%, komponen kemampuan dosen memperoleh tingkat persepsi sebesar 82%, dan komponen saranan prasarana memperoleh tingkat persepsi sebesar 80% presentase ini menunjukkan nilai kelayakan atau keberhasilan praktik daring. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa nilai persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan praktikum dengan daring di Universitas Teknologi Yogyakarta bernilai positif dengan tingkat persepsi 80%.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: sutarman .
Date Deposited: 01 Mar 2021 10:38
Last Modified: 01 Mar 2021 10:38
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/6422

Actions (login required)

View Item View Item