Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Berbantuan Media Film dalam Meningkatkan Kesadaran Rasa Hormat Siswa Terhadap Guru di SMK Negeri 1 Seyegan

Mentari Aqnes Wahyujati, Aqnes (2018) Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Berbantuan Media Film dalam Meningkatkan Kesadaran Rasa Hormat Siswa Terhadap Guru di SMK Negeri 1 Seyegan. Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MENTARI AGNES.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan rasa hormat yang signifikan antara siswa yang diberikan layanan bimbingan klasikal berbantuan media film dengan siswa yang tidak diberikan layanan bimbingan klasikal berbantuan media film. Serta untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan klasikal berbantuan media film dibandingkan layanan bimbingan klasiskal tanpa menggunakan media film. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain pretest and posttest. Populasi dalam penelitan ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Seyegan. Teknik untuk menentukan sampel adalah purposive sampling. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan tabel uji wilcoxon diperoleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) atau nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat diartikan bahwa ada peningkatanan rasa hormat antara siswa yang diberikan layanan bimbingan klasikal berbantuan media film dengan siswa yang tidak diberikan layanan bimbingan klasikal berbantuan media film. Dari hasil perhitungan peningkatan skor kelas eksperimen sebesar 16,53 dan peningkatan kelas kontrol sebesar 0. Hal tersebut berarti bahwa hasil peningkatan skor kelas eksperimen lebih besar dari peningkatan kelas kontrol atau 16,53 > 0. Dilihat dari perbedaan mean posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, mean kelas eksperimen lebih besar dari mean kelas kontrol yaitu 87,74 > 85,74. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal berbantuan media film dalam meningkatkan kesadaran rasa hormat (respect) siswa terhadap guru lebih efektif daripada layanan bimbingan klasikal tanpa menggunakan media film. Kata Kunci: Layanan bimbingan klasikal, media film, rasa hormat

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Layanan bimbingan klasikal, media film, rasa hormat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Bimbingan dan Konseling UTY
Date Deposited: 05 Jan 2018 08:31
Last Modified: 05 Jan 2018 08:31
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/664

Actions (login required)

View Item View Item