Pengembangan Aplikasi Berbasis Web untuk Mengidentifikasi Self Disclosure Mahasiswa Bimbingan Konseling dengan Teori Johari Window Development of Web-Based Applications to Identify Self-Disclosure of Counseling Guidance Students with Johari Window Theory

Hidayat, Iman Nurul and Prasetyoaji, ari (2021) Pengembangan Aplikasi Berbasis Web untuk Mengidentifikasi Self Disclosure Mahasiswa Bimbingan Konseling dengan Teori Johari Window Development of Web-Based Applications to Identify Self-Disclosure of Counseling Guidance Students with Johari Window Theory. Skripsi thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Iman Nurul Hidayat.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web dan mengetahui kelayakan aplikasi web yang dikembangkan berdasarkan penilaian validasi ahli materi dan uji kelayakan pengguna, aplikasi web yang dikembangkan berupa sistem identifikasi self disclosure untuk mengungkap self disclosure mahasiswa. Profesi bimbingan dan konseling merupakan pekerjaan yang langsung berhubungan dengan individu yang beragam secara pribadi, sosial dan latar belakang kehidupannya. Sebagai suatu profesi, wujud kebermaknaan bimbingan dan konseling banyak ditentukan oleh kualitas layanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan oleh konselor untuk mengembangkan kreativitasnya dalam layanan bimbingan dan konseling tersebut. Self disclosure memiliki manfaat antara lain, pengetahuan diri, kemampuan mengatasi kesulitan, efisiensi komunikasi dan kedalaman hubungan, dengan meningkatkan self disclosure mahasiswa bimbingan konseling dapat mengembangkan kualitas layanan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development). Tahapan penelitian ini hanya sampai pada uji validasi materi dan validasi pengguna serta revisi produk, Tahapan pengembangan penelitian ini meliputi 1) Potensi Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Ahli, 5) Revisi Produk. Apliaksi ini ditujukan untuk mahasiswa bimbingan konseling Universitas Teknologi Yogyakarta dengan jumlah 131 mahasiswa. Penentuan sampel yaitu dengan menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan uji validasi ahli materi, aplikasi web yang dikembangkan dinilai sangat layak dengan presentase 81.6%, penilaian lain juga didapatkan dari kelompok pengguna dalam skala terbatas dengan kategori sangat layak dengan presentase 92.7%, keterbatasan dalam penelitian ini belum melalui tahapan uji validasi media dikarenakan web dinilai sebagai suatu sistem informasi yang perlu disempurnakan lagi terkait dengan beberapa tombol navigasi. Kata Kunci: Sistem Identifikasi, Web, Self Disclosure This study aims to develop web-based applications and determine the feasibility of web applications developed based on material expert validation assessments and user feasibility tests. The web application developed is a self-disclosure identification system to reveal student self-disclosures. Guidance and counseling profession is a job that is directly related to various individuals in their personal, social and life backgrounds. As a profession, the meaning of guidance and counseling is largely determined by the quality of the guidance and counseling services carried out by the counselor to develop creativity in the guidance and counseling services. Self-disclosure has benefits, among others, self-knowledge, ability to overcome difficulties, communication efficiency and depth of relationship, by increasing self-disclosure counseling guidance students can develop service quality. This research is a type of research R&D (Research and Development). The stages of this research are only up to the material validation test and user validation and product revision. The stages of this research development include 1) Potential Problems, 2) Data Collection, 3) Product Design, 4) Expert Validation, 5) Product Revision. This application is intended for students of the Yogyakarta Technology University counseling with a total of 131 students. Determination of the sample using random sampling technique. Based on the material expert validation test, the developed web application was considered very feasible with a percentage of 81.6%, other assessments were also obtained from a limited scale user group with a very feasible category with a percentage of 92.7%, the limitations in this study have not gone through the media validation test stage because the web is assessed as an information system that needs to be refined in relation to several navigation buttons. Keywords: Identification System, Web, Self Disclosure

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Identifikasi, Web, Self Disclosure Identification System, Web, Self Disclosure
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Kaprodi S1 Bimbingan Konseling UTY
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:15
Last Modified: 18 Mar 2021 03:15
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/6834

Actions (login required)

View Item View Item