Pengembangan Game Android Sebagai Media Belajar Tulis Dan Mengenal Huruf Untuk Anak Menggunakan Pengenalan Pola Gesture Dengan Metode Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation

Syahrudin, Imam (2017) Pengembangan Game Android Sebagai Media Belajar Tulis Dan Mengenal Huruf Untuk Anak Menggunakan Pengenalan Pola Gesture Dengan Metode Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation. Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
PTA_PUBLIKASI_3125111113.docx

Download (666kB)

Abstract

Media pembelajaran atau edukasi sudah sejak lama berkembang dengan pesat di era teknologi saat ini. Banyak media-media online maupun offline yang digunakan sebagai media pembelajaran atau edukasi untuk guna meningkatkan kecerdasan pengguna ataupun sebagai media informasi pendidikan anak. Dalam perkembangannya, media elektronik lebih berpengaruh dalam dunia edukasi, hal ini karena dari segi efektifitasnya media elektronik memiliki fitur unggul yang dapat digunakan sebagai sarana media edukasi berbasis android. Pemilihan pembelajaran dengan permainan / game cukup menarik minat pengguna dikarenakan lebih interaktif, selain itu fitur android untuk saat ini hampir mudah digunakan oleh semua kalangan baik dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.Sistem ini memiliki tujuan sebagai media edukasi untuk mengenali huruf dari inputan pengguna. Dalam perancangannya sistem ini menggunakan metode jaringan saraf tiruan backpropagation, yakni salah satu algoritma yang digunakan sebagai metode belajar terbimbing. Terdapat lapisan pola yang nantinya akan melakukan perhitungan jumlah bobot dan menerapkan fungsi sigmoid untuk menghitung keluarannya. Selain itu, menggunakan metode observasi guna mendapatkan hasil yang lebih akurat. Metode wawancara pun dilakukan kepada pihak-pihak terkait untuk mendapatkan informasi mengenai data-data yang dibutuhkan dalam perancangan sistem. Untuk mempelajari metodenya, studi literatur pun membantu dalam mendapatkan informasi yang akurat mengenai proses pengembangan sistemnya. Sistem dalam game ini berbasis android, dalam perancangannya menggunakan software Android Studio serta database yang digunakan SQLite.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Sains Dan Teknologi > S1 Informatika
Depositing User: INF FTIE-UTY
Date Deposited: 11 Jan 2018 06:52
Last Modified: 11 Jan 2018 06:52
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/686

Actions (login required)

View Item View Item