IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS TRACKING

LAKSONO, PRI BUDI (2017) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS TRACKING. Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
Naskah Laporan PTA 2 fix.docx

Download (11MB)

Abstract

Bahasa arab merupakan bahasa yang sangat agung terkhusus bagi umat Islam karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala menurunkan Al-Qur’an dalam behasa arab sehingga wajib bagi seorang muslim untuk belajar dan memahami bahasa Arab agar bisa memahami Al-Qur’an dan Al-Hadist secara benar. Proses belajar bahasa Arab yang selama ini masih banyak digunakan yaitu dengan membaca artikel-artikel online, buku-buku terjemahan dan kamus-kamus. Permasalahan yang sering muncul pada orang-orang yang baru belajar bahasa Arab yaitu masih merasa sulit untuk memahami dan menghafal kata yang ditulis dengan bahasa Arab tanpa adanya harakat, sebagian merasa bosan karena buku terjemahan bersifat monoton hanya terpaku pada arti terjemahannya saja. Disini penulis mencoba membuat aplikasi pembelajaran bahasa yang lebih menarik, mudah dipahami dan tidak membosankan terkhusus untuk orang-orang yang masih pemula dalam belajar bahasa Arab. Pembelajaran disini dikhususkan untuk pembelajaran kosa kata berupa kata benda (isim) yang secara umum berada di ruangan kelas jenjang SMP (Sekolah Menegah Pertama)/MTs (Madsarah Tsanawiyah). Aplikasi pembelajaran bahasa Arab ini menggunakan teknologi augmented reality (AR) dengan metode markerless tracking. Hasil dari implementasi teknologi AR yaitu aplikasi pembelajaran bahasa yang mampu melakukan pendeteksian marker berupa tulisan kata benda (isim) dalam bahasa Arab yang dibangun menggunakan Vuforia SDK, Android SDK, Unity 3D, Blender dan Inkscape. Setelah dilakukan pengujian dengan black box, fungsi-fungsi tombol aplikasi untuk ar kamera, suara dan pemunculan objek augmented reality dapat berjalan dengan baik. Aplikasi dapat menampilkan augmented reality dari marker yang berhasil di deteksi oleh aplikasi berupa penambahan harakat kata dalam bahasa Arab, terjemahan kata ke dalam bahasa Indonesia, pemunculan Objek 3D sesuai dengan marker pada layar smartphone pengguna secara real time dan pemutaran suara berupa tambahan informasi. Sedangkan pengujian dengan user acceptance testing berupa pengisian kuesioner dengan jumlah 38 pengguna atau responden diperolah rata-rata persentase hasil jawaban kuesioner mengenai aplikasi augmented reality pembelajaran bahasa Arab yaitu dengan kriteria sangat baik 39,5 %, baik 50.4 %, cukup 9.4 %, kurang baik 0.4 %, sehingga aplikasi augmented reality pembelajaran bahasa Arab ini sudah cukup baik digunakan oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Sains Dan Teknologi > S1 Informatika
Depositing User: INF FTIE-UTY
Date Deposited: 11 Jan 2018 06:53
Last Modified: 11 Jan 2018 06:53
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/693

Actions (login required)

View Item View Item