PERANCANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA “SEBERAPA PINTAR KAMU” MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2

Agusta, Erwin Jitu (2017) PERANCANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA “SEBERAPA PINTAR KAMU” MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2. Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (322kB)

Abstract

Game adalah sebuah aplikasi yang sangat digemari dan disukai oleh anak-anak di zaman modern sekarang ini, bermacam-macam game dapat diperoleh secara mudah. Dengan melihat bahwa game memiliki peranan yang begitu penting bagi anak-anak, terkadang banyak dari mereka menghabiskan waktu bermain game dan melupakan waktu belajar. Dari faktor-faktor tersebut penulis berpendapat akan lebih efektif jika game yang biasa dimainkan anak-anak tersebut dapat disisipi unsur edukasi didalamnya. Dalam pembuatan Proyek Tugas Akhir ini, dibuat menggunakan game engine Construct 2. Metode pengumpulan data yaitu melakukan wawancara kepada anak-anak kelas satu sampai tiga sekolah dasar. Selain itu juga dilakukan metode analisis dengan mengerucutkan data yang telah didapat dari wawancara dengan cara memilih kebutuhan yang ada. Penerapan Perancangan Game Edukasi Matematika “Seberapa Pintar Kamu” Menggunakan Construct 2 ini dapat membantu anak-anak sekolah dasar dalam belajar sambil bermain. Dengan adanya beberapa jenis perhitungan diantaranya penjumlahan, pengurangan dan perkalian maka user dapat meningkatkan daya pikir dalam berhitung. Ada pula sub menu yang dapat membantu pemain dalam memainkan game, diantaranya bantuan, tabel hitung dan about.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Sains Dan Teknologi > S1 Informatika
Depositing User: INF FTIE-UTY
Date Deposited: 11 Jan 2018 06:59
Last Modified: 11 Jan 2018 06:59
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/707

Actions (login required)

View Item View Item